Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2024 Via Online, Bisa Cair hingga Rp 500 Juta

Minggu 02-06-2024,10:29 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Pemda Jabar Buka Program Pemutihan Pajak Kendaraan, Ini Jumlah Pajak Mobil Innova Tahun 2004-2023

Perlu diketahui di tahun 2024 ada tiga jenis KUR yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI BRI.

Ketiga KUR BRI ini memiliki plafon maksimal pinjaman yang berbeda-beda, berikut rinciannya:

1. KUR Mikro
Pinjaman modal kerja ini diberikan dengan limit kredit maksimal Rp 50 juta per debitur, untuk jenis pinjaman ini debitur diharuskan untuk menjalankan usaha secara aktif selama 6 bulan. Sementara waktu untuk Kredit Modal Kerja maksimum masa pinjaman 3 tahun

2. KUR Kecil
KUR satu ini diperuntukkan bagi pengusaha kecil berskala mikro dengan minimal pinjaman Rp 50 juta dan maksimal Rp 500 juta.

Untuk bunga yang dibebankan sebesar 6 persen per tahun, sedangkan Jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja maksimum masa pinjaman 4 tahun dan untuk Kredit Investasi 5 tahun.

BACA JUGA:5 Cara Cek Keaslian Emas Antam LM Fine Gold, jangan Sampai jadi Korban Oknum Penjual Emas Palsu

3. KUR TKI
Kredit ini dihadirkan untuk membantu debitur yang membutuhkan modal untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI dengn lokasi penempatan Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia
Melalui KUR TKI, debitur dapat mengajukan pinjaman dengan dana maksimal sebesar Rp 25 juta.

Sebagai informasi tamabhan agar pinjaman KUR BRI 2024 bisa segera di-ACC Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini:

1. Memiliki rekening tabungan di BRI
Tips yang pertama, yaitu Anda wajib memiliki rekening tabungan di BRI untuk bisa mengajukan KUR atau Kupedes.

Sebelum melakukan pengajuan, tabungan atau rekening BRI itu gunakan sebagai menyimpan hasil usaha untuk menabung dan bertransaksi.

Sehingga nantinya, pihak bank atau marketing bisa lebih yakin untuk menganalisa usaha debitur karena track transaksinya terekam jelas di tabungan BRI.

BACA JUGA:Ini 6 Modus Penipuan Terbaru 2024! Salah Satunya File Undangan Nikah yang Dikirim via WA

2. Melunasi pinjaman konsumtif
Apabila Anda memiliki kredit modal kerja atau investasi umum di bank lain atau lembaga pinjaman lain, ada baiknya lunasi terlebih dahulu.

Sebab, jika Anda belum melunasi pinjaman konsumtifnya, maka Anda belum bisa disebut layak untuk menerima KUR di tahun 2024.

BACA JUGA:Daftar Lengkap Pajak Mobil Agya Mulai Tahun 2012 Hingga 2024 serta Cara Menghitung Denda Pajak

3. Penggunaan pinjaman sesuai ketentuan    

Maksud di sini yaitu, marketing bank akan menanyakan penggunaan kredit yang diajukan, atau dengan kata lain untuk digunakan apa pinjaman KUR tersebut?

Berdasarkan concern penggunaan kredit KUR di tahun 2024 ini harus benar-benar digunakan untuk modal kerja serta investasi usaha.

Demikianlah informasi tentang Syarat dan cara pengajuan KUR BRI 2024 via online, plapon hingga Rp 500 Juta. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Kategori :