Ini 4 Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Menyusui, Bisa Mempengaruhi Sistem Saraf Pusat Bayi Secara Permanen

Sabtu 11-05-2024,17:06 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Busui yang suka makanan pedas, mulai saat ini coba untuk dikurangi, ya. Soalnya, makanan pedas bisa memengaruhi rasa ASI dan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan sebagian bayi mengalami kolik, kembung, bahkan diare.

BACA JUGA:Ini Penyebab Virus Rubella, Waspada Karena Cepat Menular Ke Ibu Hamil dan Anak-anak

4. Susu sapi atau kedelai dan produk olahannya

Pada sebagian bayi, susu sapi atau susu kedelai yang diminum ibunya bisa memicu timbulnya reaksi alergi.

Oleh karena itu, penting bagi Busui untuk memperhatikan reaksi Si Kecil bila sebelumnya Busui mengonsumsi susu sapi, produk olahan susu, susu kedelai, atau produk olahan kedelai.

Jika Si Kecil menunjukkan gejala alergi, seperti kulit gatal, ruam kulit, mengi, batuk, sembelit, muntah, hingga perubahan warna tinja, sebaiknya segera hentikan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu sapi maupun kedelai.

BACA JUGA:Hati-hati Bisa Keguguran! Ini Gejala Virus Rubella Pada Ibu Hamil

5. Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menurunkan produksi ASI. Selain itu, kandungan alkohol juga bisa masuk ke ASI dan akhirnya diserap oleh tubuh bayi. Hal ini bisa menghambat perkembangan kognitif bayi dan menggangu pola tidurnya.

BACA JUGA:Bumil Harus Tahu! Ini Manfaat Rebusan Serai untuk Ibu Hamil

Sebenarnya, jika hanya minum dalam jumlah sedikit, Busui bisa menunggu 2–3 jam untuk menyusui. Pada saat ini, alkohol sudah tidak ada di ASI.

Namun, pada 3 bulan pertama kehidupannya, bayi bisa saja menyusu lebih dari sekali dalam 2 jam. Oleh karena itu, Busui disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol paling tidak hingga ia berusia 3 bulan.

BACA JUGA:Begini Pandangan Islam Tentang Berhubungan Suami Istri saat Istri Hamil, Bolehkah?

6. Kafein

Busui gemar minum kopi atau teh dan makan cokelat? Jika iya, Busui perlu hati-hati. Kandungan kafein dalam minuman dan makanan tersebut dapat masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI. Hal ini bisa menyebabkan ia rewel,cepat marah, dan terganggu pola tidurnya.

Meski begitu, bukan berarti Busui tidak boleh mengonsumsi kafein. Konsumsi kafein yang dianjurkan untuk ibu menyusui adalah tidak lebih dari 300 mg per hari atau setara dengan dua cangkir kopi.

Kategori :