Sejarah Masjid Al Aqsa yang Dibangun Malaikat serta Kisah Kiblat Pertama Umat Islam

Sabtu 23-03-2024,08:13 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

2. Saksi peristiwa Isra’ dan Mi’raj

Masjid Al Aqsa menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa luar biasa yakni Isra’ dan Mi’raj. Peristiwa ini yang menjadi awal mula turunnya perintah untuk menunaikan kewajiban sholat lima waktu bagi umat Islam.

Di masjid ini, Nabi Muhammad diangkat oleh Allah SWT sampai sampai langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha dan memberikan wahyu tersebut kepadanya.

3. Pahala sholat yang setara 500 kali dari masjid lainnya

Keistimewaan lainnya yang terdapat pada masjid ini yaitu pahala sholat hingga 500 kali lipat dibandingkan masjid lainnya. Hal ini pun tercantum dalam hadits yang diriwayatkan Bazar, Ibnu Khuzaimah, dan Thabrani yang berbunyi:

صَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ مِائَةُ أَلْفِ صَلَاةٍ، وَصَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي أَلْفُ صَلاةٍ، وَفِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ خَمْسُمِائَةٍ صَلَاةٌ

Artinya: “Melaksanakan sholat di Masjidil Haram (pahalanya) sebanding dengan 100.000 kali sholat (di masjid yang lain), sholat di masjidku (Masjid Nabawi) pahalanya sebanding dengan 1.000 kali sholat (di masjid yang lain), sedang sholat di Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsa) pahalanya sebanding dengan 500 kali sholat (di masjid yang lain).”

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pinjam Uang dengan Kartu Kredit BRI, Pinjaman Rp 7 Juta Bisa Bayar Sampai 36 Bulan

4. Tempat permohonan Nabi Sulaiman

Masjid Al Aqsa juga menjadi tempat Nabi Sulaiman memanjatkan doa kepada Allah SWT. Adapun salah satu doanya yaitu agar orang-orang yang menjalankan ibadah di sana, dapat diampunkan segala dosanya dan kembali menjadi bersih layaknya anak yang baru dilahirkan.

Demikian ulasan sejarah Masjid Al Aqsa yang dibangun malaikat hingga menjadi kiblat pertama umat Islam. Semoga bermanfaat.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :