Ada 7 Efek Samping Mengonsumsi Santan Secara Berlebihan yang Wajib Kamu Ketahui

Selasa 02-01-2024,22:11 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Terbaru, Ini 50 Daftar Pinjaman Online Terdaftar di OJK 2024, Catat Sebelum Pinjam

4. Sembelit

Efek samping mengonsumsi santan secara berlebihan yang tak kalah penting adalah sembelit. Dampak yang mungkin terjadi jika sobat camkoha mengonsumsi santan dalam jumlah berlebih adalah sembelit, loh.   Pasalnya, santan ini mengandung serat yang sangat tinggi, yang bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan beberapa orang jika di konsumsi.

BACA JUGA:Ini 7 Keunggulan Asus TUF Gaming FA507RM R736B6G-O yang Gunakan Prosesor AMD Ryzen 7 6800H

Biasanya, santan murni tanpa tambahan pemanis mengandung sekitar 14 hingga 18 persen dari asupan serat harian yang diperlukan tubuh kita. Nah, lonjakan serat yang tiba-tiba ini bisa menyebabkan diare atau merasa kembung di perut, kamu loh.

Apalagi jika tubuh sobat camkoha belum terbiasa menyerap serat dalam jumlah yang terlalu banyak. Jadi, penting untuk tetap mengonsumsi santan dengan proporsi yang sehat dan menjaga kenyamanan sistem pencernaan kamu, ya.

BACA JUGA:Daftar 5 Pinjaman Online Langsung Cair dalam Hitungan Menit, Resmi OJK

5. Stroke Ringan

Efek samping mengonsumsi santan secara berlebihan berikutnya adalah stroke ringan. Yups! dampak yang mungkin terjadi apabila terlalu asyik menikmati santan adalah kemungkinan sobat camkoha mengalami stroke ringan. Hmm, sangat menyeramkan, bukan? 

Nah, ini disebabkan karena ada lemak jahat yang suka menumpuk dalam tubuh kita, loh. Lalu mempersulit peredaran darah dan pembuluh arteri. Nah, jika kita enggak seimbang dengan mengonsumsi mineral yang cukup, bisa-bisa nih, kita terjebak dalam 'stroke ringan'. Jadi sobat camkoha harus hati hati ya.

BACA JUGA:Jerawat di Wajah Atasi dengan 7 Masker Wajah Berjerawat Wardah, Jaminan Halal dan Berkualitas

6. Menyebabkan Alergi

Efek samping mengonsumsi santan secara berlebihan yang tak kalah penting untuk kamu ketahui adalah dapat menyebabkan alergi. Dalam beberapa kasus ditemukan, mengonsumsi makanan yang terbuat dari santan dapat menyebabkan alergi bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, loh sobat camkoha.

Umumnya, penderita yang terkena reaksi alergi akan mengalami ruam, gatal, sakit perut, diare. Namun, reaksi parah akibat santan ini sangat jarang terjadi, ya. jadi kamu perlu banget berhati hati dalam mengonsumsinya jika memiliki beberapa masalah Kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Trio Galaxy Canggih Hadir Sebagai HP Terbaru 2024 Samsung, Intip Spesifikasinya

7. Memicu Jerawat

Kategori :