Kesulitan BAB dan Sembelit? Jangan Disepelekan, Konsumsi Rutin 7 Jenis Buah Ini, Dijamin Lancar

Selasa 28-11-2023,20:57 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

2. Pisang

Pisang dapat mengatasi sembelit dikarenakan mengandung banyak serat tak larut air, di mana jenis serat tersebut memang berperan penting dalam melancarkan BAB.  Jadi, serat yang ada dalam pisang ini akan membantu menyerap air lebih banyak ke dalam usus, sehingga usus lebih mudah untuk mendorong kotoran keluar.

3. Pir

Mengonsumsi pir adalah cara alternatif meringankan masalah sembelit. Dengan konsumsi rutin, maka ucapkan selamat tinggal dengan mengedan saat BAB. Satu buah pir ukuran sedang mengandung 149 kalori, 0 gram lemak (0 gram lemak jenuh), 27 gram karbohidrat, 17 gram gula, 2 mg natrium, 6 gram serat, 1 g protein.

4. Buah Naga

Naga merah termasuk buah yang mengandung kadar air dan serat pangan yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk mengatasi sembelit atau konstipasi pada anak. Seperti yang Ibu ketahui, sembelit merupakan masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh anak-anak.

5. Jeruk

Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, jeruk juga diketahui kaya kaya akan serat larut (pektin) serta antioksidan naringenin (flavanol) yang bermanfaat untuk meningkatkan sekresi cairan ke dalam usus. Hasilnya, feses menjadi lebih lunak.

6. Kiwi

Dalam sebuah penelitian, 19 orang dewasa yang sehat mengonsumsi suplemen yang berasal dari kiwi selama 28 hari. Para peneliti menemukan bahwa hal tersebut menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah buang air besar setiap hari, dibandingkan dengan kelompok kontrol.  Studi lain menemukan bahwa makan dua buah kiwi setiap hari selama 2 minggu dikaitkan dengan lebih banyak buang air besar dan tinja yang lebih longgar pada 11 orang dewasa yang sehat.

7. Tomat

Kandungan air dan serat pada tomat dapat melancarkan pergerakan pada usus sehingga BAB jadi lancar. Tomat mengandung serat, vitamin C, kalium, vitam K1, vitamin B9, likopen, beta karoten, flavonoid, dan asam klorogenat.

BACA JUGA:Punya Banyak Khasiat untuk Wanita, Begini Cara Membuat Minuman Segar Buah Pinang

Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas, mengatasi sembelit juga dapat diatasi dengan kebiasaan-kebiasaan berikut:

1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih merupakan salah satu cara mengatasi BAB keras dan susah keluar karena dapat membantu melunakkan feses serta menstimulasi pergerakan usus. Efeknya, feses lebih mudah melewati usus hingga keluar melalui anus.

Kategori :