Terbaru, Ini Cara Membuat Sertifikat Tanah Juni 2023

Rabu 14-06-2023,17:21 WIB
Reporter : Tim liputan

 

Layanan cek sertifikat BPN online yang kedua bisa ditemukan melalui situs resmi BPN RI.

Lewat website ini ada dua layanan fitur seputar pertanahan, yaitu informasi tentang jenis layanan pertanahan beserta persyaratan, jangka waktu, alur proses penyelesaiannya dan informasi biaya layanan beserta simulasinya, serta informasi tentang berkas permohonan.

 

3. Aplikasi BPN Go Mobile

 

Selain informasi melalui SMS Pertanahan "2409", terdapat juga aplikasi BPN Go Mobile yang tersedia pada perangkat komunikasi berbasis software Android. Layanan ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dengan cepat dan murah. Melalui aplikasi BPN Go Mobile ini masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai persyaratan dan biaya layanan pertanahan, jadwal LARASITA serta informasi permohonan.

 

4. Sentuh TanahkU

 

Badan Pertanahan Nasional juga meluncurkan aplikasi Sentuh Tanahku (Android dan iOS) supaya masyarakat dapat memperoleh informasi yang resmi dengan cepat dan mudah. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini antara lain adalah Notifikasi, Info Berkas, Plot Bidang Tanah, Info Sertifikat, Lokasi Bidang Tanah, dan Info Layanan.

Dengan menggunakan aplikasi ini pada smartphone, Anda dapat mencari tahu persyaratan, menelusuri proses pengurusan sertifikat untuk tanah, mengetahui lokasi suatu bidang tanah, dan mengetahui prediksi perhitungan biaya yang akan dikeluarkan. Semua pengguna perangkat berbasis Android dan iOS dapat mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna aplikasi Sentuh Tanahku.

Namun jika ingin menggunakan fitur Info Berkas dan Info Sertifikat, Anda perlu mendaftar ke Badan Pertanahan Nasional dengan cara mengisi Formulir Verifikasi Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku, serta melampirkan fotokopi KTP dan sertifikat.

Selanjutnya, pengguna yang terverifikasi dapat memperoleh fitur tambahan, contohnya daftar sertifikat yang dimiliki dan daftar berkas yang sedang diproses di Badan Pertanahan Nasional.

 

BACA JUGA:11 Weton Penguasa Tahun 2023, Rezeki Terus Mengalir, Bahagia dan Keberuntungan Tinggi

Kategori :