Iklan dempo dalam berita

Beli Bibit Sawit, Perhatikan Ciri Berikut Ini agar Mendapatkan Bibit Berkualitas

Beli Bibit Sawit, Perhatikan Ciri Berikut Ini agar Mendapatkan Bibit Berkualitas

Ada ciri khusus untuk mendapatkan bibit kelapa sawit yang berkualitas--

Tempurung Bibit Sawit

Bibit sawit kualitas unggul memiliki tempurung yang berwarna hitam gelap, dan tidak ada retakan atau kerusakan lainnya. Karena jika tempurung bibit kelapa sawit dalam keadaan retak, maka kemungkinan besar isi di dalamnya juga rusak dan akan memengaruhi pertumbuhannya kelak setelah ditanam.

Tempurung bibit unggul juga tidak ditumbuhi oleh serabut-serabut dan tidak berjamur. Tumbuhnya jamur biasanya pada media yang lembab. Keadaan bibit yang seperti itu akan menyulitkan pertumbuhan tanaman, dan bahkan bisa tidak tumbuh sama sekali.

 

BACA JUGA:Setelah BPNT Tahap Kedua Cair, Penerima Kembali akan Mendapatkan Bantuan Rp 1,6 Juta

Akar Bibit

Akar bibit sawit yang tidak terlalu panjang adalah tanda dari kualitas bibit sawit yang baik. Pilih bibit sawit dengan panjang akar yang tidak lebih dari 2 sampai 3 sentimeter. 

Jika sudah melewati ukuran itu, takutnya bibit tidak dapat tumbuh dengan optimal karena terlalu tua. Akar bibit sawit yang baik juga memiliki tudung, tidak terbuka secara langsung.

 

BACA JUGA:Sebelum PKH Tahap Kedua Cair, Cek Lagi Nama Anda di Sini, Jangan Sampai Terblokir

Batang Bawah Bibit

Bibit kelapa sawit berkualitas memiliki bentuk batang bawah yang gemuk dan pendek. Saat masa pertumbuhannya, batang dengan kondisi gemuk dan pendek akan jauh lebih kuat dibandingkan dengan bibit sawit yang memiliki batang bawah kurus dan tinggi.

 

Warna Radikula, Batang dan Daun

Warna radikula (bakal akar), batang dan daun bibit sawit berbeda dengan yang sudah menjadi tanaman. Jika pada tanaman radikula dan batang berwarna cokelat serta daun berwarna hijau, maka hal itu tidak berlaku pada bibit sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: