Iklan dempo dalam berita

Kementerian Perhubungan Buka Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA/SMK, 5 Formasi Ini Prioritas

Kementerian Perhubungan Buka Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA/SMK, 5 Formasi Ini Prioritas

5 Formasi CPNS 2024 yang jadi prioritas utama'--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Kementerian Perhubungan buka formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMA/SMK, 5 formasi ini yang jadi prioritas.

Kementerian Perhubungan kembali membuka peluang besar bagi lulusan SMA dan SMK sederajat untuk mengabdi sebagai abdi negara melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. 

BACA JUGA:Ini 8 Instansi yang Buka Lowongan CPNS 2024 untuk Lulusan SMA/SMK, Lengkapi Persyaratannya

Meski pembukaan seleksi CPNS 2024 mengalami penundaan, kabar baiknya ada sekitar sembilan instansi yang diperkirakan akan membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Akhir Juli-Agustus, Ini 7 Jurusan Kesehatan yang Dibutuhkan untuk Seleksi CPNS

Awalnya, seleksi CPNS dijadwalkan berlangsung pada Juni atau Juli 2024. Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa seleksi tersebut diundur ke Juli atau Agustus 2024. 

"Juli-Agustus, ya," kata Azwar di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 1 Juli 2024. Penundaan ini disebabkan oleh banyaknya kementerian dan lembaga yang belum mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan Kementerian PANRB. 

BACA JUGA:Tata Cara Pendaftaran CPNS 2024 yang Dibuka Akhir Juli, Ini Persyaratan Umum untuk Semua Lulusan

"Terkait dengan CPNS ini, kaitannya dengan pengusulan dari kementerian/lembaga. Contoh, kementerian/lembaga pusat mendapatkan kuota fresh graduate 200.000 lebih, tetapi sampai sekarang, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan tidak sampai 200.000, yaitu totalnya baru 130.341 yang mengusulkan. 

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Juli-Agustus, Intip Formasi Untuk Lulusan S1 Hukum Gaji Hingga Rp 18 Juta

Inilah yang menyebabkan kita menunggu karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah," ujar Azwar.

Meskipun demikian, terdapat beberapa formasi yang diperkirakan akan dibuka untuk lulusan SMA sederajat berdasarkan data tahun 2023. 

Salah satu instansi yang membuka formasi tersebut adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Seleksi CPNS 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memprioritaskan lima formasi bagi lulusan SMA dan SMK sederajat.

BACA JUGA:Pemerintah Undur Pendaftaran CPNS 2024 Bulan Juli-Agustus, Ini Jadwal dan Syarat Umumnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: