Iklan dempo dalam berita

Berapa Kali Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun? Ini Ketentuannya

Berapa Kali Baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun? Ini Ketentuannya

Ketentuan Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berapa kali baca doa akhir tahun dan awal tahun? ini ketentuannya.

Membaca doa akhir dan awal Tahun Baru Islam adalah tradisi yang dilakukan oleh kaum Muslim untuk menyambut datangnya 1 Muharram 1446 H.

BACA JUGA:Lebih Hebat Mana Oppo A3 atau Oppo A3 Pro? Begini Perbandingan Spesifikasi dan Harganya

Penjelasan Lengkap

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai bacaan doanya dan keutamaan yang menyertainya.

Muharram: Bulan Suci dalam Islam

Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram dalam kalender Hijriah, yang dianggap sebagai bulan mulia dalam Islam. Ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim:

"Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan haram (bulan mulia). Tiga berturut-turut, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan al-Muharram, lalu Rajab (yang selalu diagungkan) Bani Mudhar, yaitu antara Jumadil Akhir dan Syaban."

BACA JUGA:Jangan Coba-coba, Ini Hukuman Terhadap Pelaku Penyelundupan Satwa

Kalender Hijriah dan Penanggalan

Menurut Kalender Hijriah 2024 dari Kementerian Agama RI, 1 Muharram yang bertepatan dengan Tahun Baru Islam akan jatuh pada tanggal 7 Juli 2024.

Namun, pergantian hari dalam penanggalan Hijriah berlangsung sejak matahari terbenam atau waktu Maghrib, berbeda dengan kalender Masehi yang dimulai pada tengah malam.

Maka, meskipun tanggal 1 Muharram jatuh pada Senin, 7 Juli 2024, pergantian tahun ini akan terjadi pada malam sebelumnya, yaitu 29 Dzulhijjah 1445 H, saat matahari terbenam pada tanggal 6 Juli 2024.

BACA JUGA:Mengenal Burung Cendrawasih, ‘Si Burung Surga’ Khas Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: