Iklan dempo dalam berita

Ditetapkan di 7 Ruas Tol, Bayar Tol Tanpa Setop alias Multi Lane Free Flow (MLFF), Ini Daftarnya

Ditetapkan di 7 Ruas Tol, Bayar Tol Tanpa Setop alias Multi Lane Free Flow (MLFF), Ini Daftarnya

Ruas jalan tol dengan sistem bayar MLFF--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ditetapkan di 7 ruas tol, bayar tol tanpa setop alias multi lane free flow (MLFF), ini daftarnya.

Indonesia sedang bersiap untuk mengubah sistem pembayaran tol dari yang semula menggunakan kartu uang elektronik menjadi sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). 

Dilansir dari Frequently Asked Questions (FAQ) tentang MLFF di laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), MLFF adalah sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh dan nirhenti. 

BACA JUGA:Lowongan Kerja BNI Terbaru, Syarat Umur 28 Tahun, Pendaftaran Dibuka hingga 31 Juli

Sistem ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk mendeteksi pergerakan kendaraan yang melewati jalan tol menggunakan satelit.

Teknologi dan Perlengkapan

Untuk bisa menggunakan sistem MLFF, pengguna jalan tol memerlukan electronic on-board unit (e-OBU) atau aplikasi dalam ponsel pintar yang dapat digunakan untuk melakukan pendeteksian terhadap sistem MLFF. 

Aplikasi yang akan digunakan disebut Cantas, yang nantinya bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Melalui aplikasi ini, kendaraan yang memasuki jalan tol akan dideteksi oleh sistem, kemudian transaksi terjadi secara otomatis dan saldo elektronik pengguna akan terpotong secara otomatis.

BACA JUGA:Jarak 3 Jam Bisa PP Palembang-Bakauheni, Segini Tarif Tol yang Harus Dibayar Berdasarkan Golongan Kendaraan

Namun, berdasarkan pantauan pada Kamis, 4 Juli 2024, aplikasi Cantas masih belum tersedia di Play Store maupun App Store. Meskipun demikian, teknologi ini diharapkan mampu mengurai antrean kendaraan di gerbang tol dan mengurangi kerugian ekonomi akibat kemacetan.

Tujuh Ruas Tol yang Akan Menerapkan MLFF

Kementerian PUPR melalui BPJT telah memilih tujuh ruas tol sebagai implementasi awal MLFF. Ruas-ruas tol tersebut terletak di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Bali, yang masuk dalam pertimbangan masa transisi menuju MLFF. Berikut adalah daftar tujuh ruas tol tersebut:

1. Tol Bali Mandara

2. Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: