Iklan dempo dalam berita

Lebaran 2023 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Lebaran 2023 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Versi Muhammadiyah dan Pemerintah

Lebaran 2023 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Versi Muhammadiyah dan Pemerintah--

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM – Umat muslim banyak yang bertanya, lebaran Idul Fitri 2023 tanggal berapa? Nah mari kita ulas bersama. Lebaran Idul Fitri 2023 diperkirakan akan berbeda antara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pemerintah. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan kriteria. 

BACA JUGA:Saksikan, Fenomena Alam Spesial Ramadan 2023. Ada Parade 5 Planet dan Gerhana Matahari Hibrida

Lalu Lebaran 2023 jatuh pada tanggal berapa?

Seperti yang diketahui sebelumnya, PP Muhammadiyah telah mengumumkan penetapan Hari Raya Idul Fitri 2023 melalui hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H pada Februari lalu. Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H versi PP Muhammadiyah jatuh pada 21 April 2023.

BACA JUGA:Akhir Ramadan, Gerhana Matahari 2023 Seluruh Indonesia, Ini Jadwal Lengkapnya

Sementara Lebaran 2023 versi pemerintah diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terbaru. Sebelumnya pada Maret lalu SKB 3 Menteri sempat mengalami perubahan.

BACA JUGA:Kesempatan Langka, PT Freeport Indonesia Buka Lowongan Pekerjaan, Berikut Posisi dan Syarat Melamar

Perpanjangan jadwal cuti disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (24/3) lalu. Menurut penuturan Budi, perpanjangan disebabkan tingginya keinginan masyarakat untuk pulang kampung berdasarkan kalkulasi dari Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Tanpa Ribet, Ajukan KUR BNI Bisa Cair Rp 50 Juta Secara Online

SKB yang diteken oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas itu menambah hari libur yang semula hanya enam hari menjadi tujuh hari.

BACA JUGA:Ini Rahasia Lolos Survey, Pengajuan KUR BRI Bisa Sampai Rp 100 Juta

Selanjutnya mengacu pada SKB 3 Menteri, Lebaran 2023 jatuh pada tanggal 22 dan 23 April. Sementara itu, cuti bersama Lebaran 2023 yang semula berlangsung pada 21 April dimajukan menjadi 19 April.

BACA JUGA:Pinjaman KUR Hingga Rp 500 Juta Bank Mandiri Anti Ribet, Cepat Cair Syaratnya Gampang

Adapun Lebaran Idul Fitri 2023 versi PP Muhammadiyah berlangsung lebih awal seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, yakni pada 21 April 2023. Penentuannya sendiri didasarkan oleh posisi geometris benda-benda langit seperti Matahari, Bumi, dan Bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: