Iklan dempo dalam berita

Simak, Ini Cara agar Skripsi Terhindar dari Plagiarisme, Penting Buat Pejuang Skripsi

Simak, Ini Cara agar Skripsi Terhindar dari Plagiarisme, Penting Buat Pejuang Skripsi

Cara agar skripsi terhindar dari plagiarisme --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Simak, ini cara agar skripsi terhindar dari plagiarisme, penting buat pejuang skripsi. 

Lagi pusing mikirin cara biar skripsi kamu nggak kena plagiarisme? Tenang, kamu nggak sendirian! Plagiarisme atau plagiat adalah pelanggaran hak cipta yang bisa berakibat fatal buat mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik. 

BACA JUGA:Laka Maut di Batik Nau, Warga Bintunan Meninggal Dunia, 2 Korban Lainnya Luka Berat

Sanksinya nggak main-main, baik itu dilakukan secara sengaja atau nggak sengaja. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa mengutip dan menggunakan data, opini, atau hasil penelitian sebagai rujukan, asal dilakukan dengan benar. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu Plagiarisme?

Plagiarisme adalah tindakan mengambil atau menjiplak karya orang lain tanpa memberikan kredit yang sesuai. Ini termasuk menyalin teks, ide, atau bahkan struktur kalimat tanpa menyebutkan sumbernya. 

Plagiarisme bisa merusak reputasi akademis dan bahkan bisa berujung pada sanksi serius, seperti penundaan kelulusan atau pencabutan gelar. 

BACA JUGA:Ciri-ciri Wanita Pembawa Rezeki Dilihat dari Bentuk Fisiknya, Adakah Ciri Ini di Kamu?

Meskipun beberapa orang mungkin melakukannya tanpa sengaja karena kurangnya pengetahuan tentang sitasi yang benar, tetapi akibatnya tetap sama. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami apa itu plagiarisme dan bagaimana menghindarinya.

Batasan Plagiarisme yang Diperbolehkan

Setiap perguruan tinggi punya kebijakan masing-masing soal plagiarisme. Tapi umumnya, sesuai dengan ketentuan Ristekdikti, batas maksimum plagiarisme yang masih ditoleransi adalah 25%. 

Artinya, kalau lebih dari itu, kamu harus siap-siap revisi besar-besaran! Ini bukan berarti kamu bisa bebas menyalin sampai batas 25%, ya. Kamu tetap harus berusaha seminimal mungkin menghindari plagiarisme dengan cara-cara yang akan kita bahas di bawah ini.

BACA JUGA:Begini Cara Praktis Menghitung Dana Darurat, Agar Terhindari dari Utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: