Iklan dempo dalam berita

70 Ekor HPR di Desa Kota Agung Seluma Divaksinasi Rabies

70 Ekor HPR di Desa Kota Agung Seluma Divaksinasi Rabies

Petugas kesehatan hewan dari Distan Seluma melakukan vaksinasi HPR--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam upaya menekan tingginya kasus gigitan hewan penular rabies, petugas kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, mulai bergerilya ke setiap desa/kelurahan.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Hulu Sungai Tengah 2024, Desamu Kebagian Alokasi Berapa?

Langkah ini dilakukan untuk menyuntikan vaksin anti rabies terhadap setiap hewan penular rabies, seperti anjing, kucing dan kera.


Kali ini tim kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, menyasar ke masyarakat Desa Kota Agung Kecamatan Seluma Timur, terutama yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera, pada Kamis pagi (20/6/2024).

Kades Kota Agung Bana Rusdi mengatakan, kesadaran masyarakat di desanya cukup tinggi terutama yang memiliki hewan penular rabies untuk bersedia disuntik vaksin.

Terakhir kali vaksinasi anti rabies ini dilakukan pada tahun 2019 lalu, karena saat itu sedang pandemi covid-19 sehingga anggaran pengadaan vaksin anti rabies  dialihkan ke vaksin Sinovac.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2024, Simak Desa dengan Alokasi Dana Terbesar

"Alhamdulillah, masyarakat kami yang punya hewan piaraan seperti anjing, kucing dan kera memang tinggi kesadarannya untuk divaksin anti rabies, tahun ini baru kembali dilakukan vaksinasi setelah sejak 2019 lalu gagal dilakukan karena pandemi, jadi pengadaan vaksinnya dialihkan untuk covid-19," terang Bana Rusdi.

Setelah selesai dilakukan vaksinasi anti rabies terhadap hewan peliharaan ini, diperoleh data hewan penular rabies yang telah diberi vaksin oleh petugas tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma berjumlah 70 ekor. Rinciannya 11 ekor anjing, kucing 57 ekor, dan kera 2 ekor.

Usai gerilya vaksinasi anti rabies di Desa Kota Agung, rencananya giliran Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur yang akan didatangi oleh petugas tim kesehatan hewan dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:Istri di Rejang Lebong Diduga Bunuh Suami, di Leher Korban Terdapat Luka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: