Iklan dempo dalam berita

Jangan Dibuang! Ini 9 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Dibuang! Ini 9 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kulit Pisang--

Mengingat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang cukup banyak, kulit pisang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah sejumlah manfaat kulit pisang untuk kesehatan:

1. Dapat mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan adalah dapat mengurangi risiko terkena kanker. Kulit pisang kaya akan polifenol, karotenoid, dan antioksidan lain yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Mengonsumsi kulit pisang dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kemungkinan terkena kanker.

BACA JUGA:Mau Buka Gerai Indomaret? Lengkapi Syarat Berikut, Modalnya Tidak Terlalu Besar

2. Kurangi depresi
Manfaat kulit pisang untuk kesehatan juga bisa membantu mengurangi depresi. Sebab, kandungan vitamin B6 dan tryptophan yang tinggi dapat membantu meringankan beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya.

Tryptophan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin, yang meningkatkan mood. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, yang pada akhirnya memiliki efek positif pada suasana hati.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan di Bengkulu hingga Terbentuknya Aksara Suku Rejang, Ada Sejak Kapan?

3. Dapat memutihkan gigi
Manfaat kulit pisang juga bisa memutihkan gigi. Mineral dalam kulit pisang matang dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut.

Anda bisa mendapatkan gigi yang lebih putih dengan rutin menggosokkan bagian dalam kulit pisang selama dua hingga tiga menit setelah menyikat gigi.

4. Mengobati jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari
Manfaat kulit pisang untuk wajah adalah membantu mengobati jerawat dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sifat anti-inflamasi kulit pisang dan kandungan vitamin C dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang berhubungan dengan sinar matahari, seperti jerawat, dan kondisi kulit lainnya.

BACA JUGA:Terbukti Cuan, Yuk Coba 7 Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Telegram Berikut Ini

5. Perawatan rambut
Kulit pisang mengandung silika, antioksidan, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk rambut.

Anda dapat mencoba menambahkan kulit pisang ke masker rambut buatan sendiri.  Manfaat kulit pisang dapat membuat rambut terhidrasi, kuat, dan terlihat sehat.

6. Menurunkan kolesterol
Manfaat kulit pisang juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Kulit pisang memiliki serat larut dan tidak larut, yang menurunkan kolesterol dan mencegah kolesterol menempel pada dinding arteri. Hal ini menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:Meluncur dengan Snapdragon 8S Gen 3, Ini Harga POCO F6 dan F6 Pro, Spesifikasi Mantap

7. Manfaat kulit pisang untuk kulit
Kulit pisang juga bisa digunakan sebagai obat ruam dan gatal karena gigitan serangga karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya. Caranya, tempelkan kulit pisang dingin ke bagian yang terkena gigitan serangga.

8. Bagus untuk mata
Manfaat kulit pisang juga baik untuk mata dan membantu mengurangi risiko terkena katarak. Kulit pisang juga bisa membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Caranya, letakkan kulit pisang di area mata yang diinginkan.

BACA JUGA:Bikin iPhone 15 Was-was, Ini Spesifikasi Huawei Pura 70 Series, Gebrak Pasar Bawa Kamera Ciamik!

9. Meredakan sembelit

Manfaat kulit pisang juga bisa membantu meredakan sembelit sebagai kulit pisang tinggi serat. Serat membantu memperlancar buang air besar secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: