Iklan dempo dalam berita

Waspadai! Ini Akibat Memakai Headset saat Tidur, Salah Satunya Risiko Cedera Telinga

Waspadai! Ini Akibat Memakai Headset saat Tidur, Salah Satunya Risiko Cedera Telinga

Dampak pakai headset saat tidur--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Waspadai! ini akibat memakai headset saat tidur, salah satunya risiko cedera telinga.

Menggunakan headset untuk mendengarkan musik dari smartphone atau gadget Anda sangatlah menyenangkan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan sembari mendengarkan lagu melalui headset seperti berolahraga, belajar, bepergian, dan salah satunya yaitu untuk pengantar tidur. 

BACA JUGA:Cara Pinjam Rp 30 Juta di SeaBank, Bisa Cair 5 Menit Tanpa Perlu Dokumen Fisik

Tidur sembari mendengarkan lagu dapat membantu melepas stres atau sekadar relaksasi. Sayangnya banyak dari kita yang belum sadar dan mengetahui akan bahayanya pengaruh dari tidur menggunakan headset untuk kesehatan tubuh. 

Hal yang lebih buruk lagi adalah saat kita mendengarkan musik melalui headset sebagai pengantar tidur yang lelap sehingga saat bangun dari tidur pun sering kita jumpai musik yang masih terdengar melalui headset.

Berbagai risiko yang bisa terjadi jika memakai headset saat tidur.

1. Risiko Cedera Telinga

Menggunakan headset saat tidur bisa meningkatkan risiko cedera telinga. Posisi tidur yang tidak stabil atau gerakan tanpa sadar ketika tidur bisa memicu penutup telinga tertarik atau bengkok. 

Hal ini bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri, iritasi, atau cedera pada liang telinga. Selain itu, menggunakan headphone pada level volume tinggi dapat merusak gendang telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran jangka panjang.

BACA JUGA:Butuh Modal? Ikut 4 Langkah Cara Pinjam di Livin Mandiri, Pasti Cair Syarat Miliki KTP

2. Infeksi Telinga

Kondisi lembap akibat menggunakan headset saat tidur bisa memicu tumbuhnya bakteri atau jamur. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi telinga seperti otitis eksterna (radang telinga luar) atau infeksi telinga tengah (otitis media). Infeksi telinga dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak, dan keluar cairan dari telinga.

3. Gangguan Tidur dan Kualitas Istirahat

Menggunakan headset saat tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur dan istirahat. Headset dengan posisi kabel yang terjepit dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu siklus tidur. Selain itu, kebisingan terus-menerus di telinga dapat mengganggu tidur nyenyak dan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: