Iklan dempo dalam berita

Sering Ditanyakan, Bolehkah Habib atau Seorang Keturunan Nabi Menikah dengan Orang Biasa? Begini Penjelasannya

Sering Ditanyakan, Bolehkah Habib atau Seorang Keturunan Nabi Menikah dengan Orang Biasa? Begini Penjelasannya

Apakah habib boleh menikah dengan orang yang bukan keturunan nabi--

Namun, menurut pandangan yang ia anut, pernikahan antara syarifah dengan laki-laki biasa tidak diperbolehkan karena berpotensi merusak nasab dan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Pernikahan seorang syarifah dengan habaib sebagai sesama keturunan nabi bukanlah sebagai perdebatan. 

Namun, pernikahan syarifah dengan ahwat yang bukan keturunan nabi atau disebut eksogami menimbulkan perbedaan pendapat. Pendapat pertama menyatakan bahwa seorang syarifah dilarang menikahi ahwat mana pun selain keturunan nabi. 

BACA JUGA:Makin Subur dan Enerjik, 5 Manfaat dan 10 Khasiat Bawang Merah untuk Pria, Banyak yang Belum Tahu

Hal ini berdasarkan pada pandangan Mufti Tarim Sayyid ‘Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Husein Al Masyhur dalam Kitab Bughiyyatul Mustarsyidin menyatakan bahwa “saya tidak memandang kebolehan perkawinan antara syarifah dan ahwat meskipun ia dan walinya Ridha dengan hal ini. 

Kemuliaan nasab tidak boleh dicemarkan, dan setiap kerabat dekat maupun jauh berhak atas keturunan Fatimah Az-Zahra.”

Dalam penjelasan Ustaz Abdul Somad, terungkaplah pentingnya pemahaman akan aturan dan panduan dalam nasab keturunan Nabi Muhammad SAW, terutama dalam konteks pernikahan. 

BACA JUGA:Sebaiknya Baca Sholawat pada 5 Waktu Ini kemudian Iringi dengan Doa

Kesetaraan atau kesesuaian (kufu) antara pasangan menjadi prinsip yang ditekankan, dengan menekankan perlunya menjaga nasab dan memastikan darah keturunan Nabi tetap terjaga. 

Dengan demikian, penjelasan ini tidak hanya memberikan gambaran yang jelas tentang hukum pernikahan, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai dalam Islam, khususnya terkait dengan keturunan Nabi Muhammad SAW.

 

Sheila Silvina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: