Iklan dempo dalam berita

Gak Nyangka! Papua Simpan Harta Karun Uranium, Segini Cadangannya Bisa Bikin Kaya Raya

Gak Nyangka! Papua Simpan Harta Karun Uranium, Segini Cadangannya Bisa Bikin Kaya Raya

--

BACA JUGA:Mengenal Jenis Minyak Bumi dan Kegunaannya, Ternyata Ini Daerah Penghasil Harta Karun Minyak Bumi di Indonesia

Kanada berada di urutan ketiga dengan cadangan Uranium sebesar 564,9 ribu ton atau 9% dari cadangan dunia. 

Selanjutnya adalah Rusia mempunyai cadangan Uranium sebesar 486 ribu ton atau 8% cadangan dunia dan Namibia mempunyai cadangan Uranium 448,4 ribu ton atau 7% cadangan dunia.

Meski cadangan Uranium di Australia menjadi yang terbesar, produksinya masih berada di bawah Kazakhstan dan Kanada. 

Hal ini terjadi karena adanya pembatasan aktivitas penambangan Uranium oleh pemerintah Australia serta ada isu-isu politik seputar penambangan Uranium.

BACA JUGA:Begini Proses Pengeboran Minyak Bumi di Bawah Laut, Ternyata Ini Tantangan dan Bahaya yang Dihadapi

Selain 10 negara diatas, ada tiga potensi daerah penghasil uranium terbesar selain Papua yang berada di Indonesia yakni:

1. Kalimantan

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Telah menyatakan bahwa wilayah Kalimantan telah memiliki banyak kandungan uranium yang dapat dijadikan bahan bakar nuklir pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Saat ini sudah tercatat ada sekitar 34. 886 ton deposit nuklir yang ada di daerah Kalimantan. Jumlah tersebut tersebar di dua wilayah, yakni Kalimantan Barat 17.005 ton dan Kalimantan Timur 17.861

2. Sumatera 

Tak hanya di wilayah Kalimantan, Sumatra juga diketahui telah memiliki banyak cadangan uranium di dalamnya. Diketahui bahwa di dalam bumi Sumatera telah menyimpan sebanyak 31.567 ton Uranium. 

BACA JUGA:Surganya Sumber Daya Tambang, Sulawesi Selatan Simpan Harta Karun Emas Kelas Dunia, Ini Lokasinya

Untuk memanfaatkan sumber energi tersebut, Batan telah menjalin kerja sama dengan PT. Timah TBK untuk memanfaatkan uranium sebagai sumber energi. Terutama akan digunakan sebagai bahan bakar dasar pembangkit listrik.

3. Sulawesi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: