Iklan dempo dalam berita

Bikin Heboh Penemuan Batu Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah, Bagaimana Faktanya?

Bikin Heboh Penemuan Batu Emas di Gunung Mas Kalimantan Tengah, Bagaimana Faktanya?

Heboh penemuan batu emas di Kalimantan Tengah--

"Jadi kami mengecek ke lapangan, namun belum ada kebenarannya kalau di lokasi itu ada kandungan emasnya," ujar Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra. 

Asep menjelaskan bahwa kawasan yang disebut mengandung emas tersebut terletak di Bukit Naga, Desa Sumur Mas, Kecamatan Tewah. Dia juga mengingatkan warga sekitar untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang sumbernya tidak jelas, termasuk tentang kandungan emas di kawasan tersebut.

BACA JUGA:Butuh Pekerjaan? Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 Gelombang 66

"Masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi, karena dikhawatirkan bahwa jika terjadi penggalian secara masif, dapat berpotensi menyebabkan terjadinya tanah longsor," terangnya dengan tegas.

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih terus menyelidiki fenomena temuan emas yang dikabarkan berada di lokasi tersebut.

"Kami masih dalam proses pendalaman untuk mengetahui kapan pertama kali temuan ini ditemukan, serta asal usul dari penemuan tersebut," ungkapnya dengan lebih rinci.

Meskipun begitu, polisi tetap mengimbau kepada warga untuk selalu mempertahankan ketertiban dan keamanan saat berada di sekitar area tersebut.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Islam Tentang Menunda Kehamilan? Apakah Diperbolehkan?

"Kami belum menerapkan penjagaan di sana, oleh karena itu, kami hanya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi tersebut," pungkasnya dengan tegas.

Dengan berita yang sempat menggemparkan di tahun belakangan ini, penting untuk tetap waspada dan kritis dalam menerima berita atau isu-isu terkait penemuan emas atau hal-hal lainnya. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa kandungan tanah atau ciri-ciri yang merupakan emas asli:

1. Tes Magnetik

Emas asli biasanya tidak terpengaruh oleh magnet. Anda dapat menggunakan magnet untuk menarik logam dari sampel tanah atau batuan. Jika ada benda logam yang menempel pada magnet, kemungkinan besar itu bukan emas murni.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman BRI untuk Pensiunan Plafon Rp50 Juta, Selain SK, Ini Syarat Wajib Pengajuan Pinjaman

2. Tes Pengapungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: