Iklan dempo dalam berita

Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Daerah yang memiliki harta karun minyak bumi--

Salah satu kilang minyak terbesar di provinsi ini adalah Kilang Minyak Plaju, yang berlokasi di tepi Sungai Musi, Kota Palembang. 

Berdasarkan data tahun 2016, kilang minyak ini memiliki kapasitas produksi hingga 127.300 barel per hari.

4. Jawa Timur

Jawa Timur saat ini menjadi penghasil minyak terbesar di Indonesia dengan kemampuan produksi minyak mencapai 305 ribu barel per hari.

Ada beberapa daerah tambang minyak bumi di Jawa Timur, termasuk Kangean, Tuban, Cepu, Brantas, Gresik, Madura Barat, dan Bawean. 

BACA JUGA:Begini Cara Mendapatkan Izin Usaha Pertambangan Harta Karun Emas, Lengkap dengan Ketentuannya

Wilayah-wilayah pertambangan ini dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Pertamina, Hess, Petrochina, Kodeco Energy, Kangean Energy, dan Total.

Blok Cepu yang dikelola oleh ExxonMobil mampu menghasilkan 219.000 barel per hari. Selain itu, blok terbesar lainnya, yaitu Blok Sukowati di Tuban, mampu menghasilkan 100.000 barel per hari.

Daerah-daerah tersebut mampu memproduksi minyak mentah sebanyak 52.290 barel dan kondensat sebanyak 326 barel, dengan total produksi mencapai 52.616 barel per hari.

5. Kalimantan Timur

Tepatnya di Balikpapan, terdapat Refinery Unit V yang dikelola oleh Pertamina. Kapasitas produksi di kota ini mencapai 260 ribu barel per hari dan menyediakan 26% dari kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, terutama di bagian timur.

BACA JUGA:Jenis Tanaman Ini Bisa Hasilkan Harta Karun Emas, Apakah di Indonesia Termasuk? Ini Faktanya

Daftar daerah penghasil minyak bumi di Indonesia memberikan gambaran yang mengesankan tentang kekayaan sumber daya alam negara ini, menjadikannya sebagai salah satu negara cadangan minyak bumi terbesar di dunia.

Dari wilayah Riau hingga Kalimantan Timur, setiap daerah memiliki kontribusi yang signifikan dalam produksi minyak, menunjukkan pentingnya sektor ini dalam perekonomian nasional. 

Dengan potensi yang masih terus berkembang, Indonesia terus menjadi pemain utama dalam industri minyak bumi global. Semoga informasi ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: