Iklan dempo dalam berita

Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Daerah yang memiliki harta karun minyak bumi--

BACA JUGA:Ini Link dan Cara Daftar CPNS 2024, Cek juga Persyaratannya di Sini

Semua hasil minyak ini berasal dari Kepulauan Natuna yang mencakup 6 blok pertambangan, yaitu Rokan, Mountain Front Kuantan, Siak, Coastal Plains & Pekanbaru, Selat Malacca, dan Selat Panjang.

Riau merupakan daerah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Menurut situs resmi pemerintahan Riau, secara geografis daerah ini memiliki luas laut dan perairan 21,4 km² atau 19,89% dari keseluruhan luas Provinsi Riau. 

Sumber daya alamnya dikelola oleh Chevron, Petroselat, Bumi Siak Pusako, Pertamina, Kondur Petroleum, dan Pembangunan Riau.

2. Papua Barat

Papua Barat, yang dulunya dikenal sebagai Irian Jaya Barat, memiliki luas 410.660 kilometer persegi dan mampu menghasilkan minyak sebanyak 14.811 barel per hari. 

BACA JUGA:Daftar 7 Daerah Penghasil Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Daerah Mana saja?

Tambang minyak bumi di Papua banyak ditemukan di Kota Sorong, seperti lapangan Klamono, Linda, Salawati, dan sekitar Bintuni.

 Bahkan, kota ini dikenal sebagai Kota Minyak, di mana perusahaan Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) mulai melakukan pengeboran minyak bumi pada tahun 1935.

Produksi minyak di daerah ini mencakup minyak mentah sebesar 8.243 barel dan kondensat sebanyak 6.568 barel. Minyak di daerah ini dieksplorasi oleh Pertamina, Petrochina, dan Petroleum.

3. Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan kaya akan sumber daya alam, termasuk minyak bumi, batubara, dan gas alam. Daerah-daerah penghasil minyak di Sumatera Selatan antara lain Plaju, Sungai Gerong, dan Muara Enim.

Provinsi ini mampu menghasilkan minyak mentah sebesar 30.718 barel per hari dan kondensat sebanyak 10.339 barel. 

BACA JUGA:Berikut 8 Uang Kuno Indonesia Termahal Mencapai Ratusan Juta, Cek Siapa Tahu Kamu Ada

Semua blok minyak di Sumatera Selatan dikelola oleh Pertamina, Medco, Talisman, dan Golden Spike.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: