Iklan dempo dalam berita

Sering Bermasalah saat Liburan, Para Kades Desak Pemkab Seluma Tuntaskan Tapal Batas TWA dengan CA

Sering Bermasalah saat Liburan, Para Kades Desak Pemkab Seluma Tuntaskan Tapal Batas TWA dengan CA

Sejumlah Kades di Seluma minta penegasan batas wilayah cagar alam--

BACA JUGA:Kabar Gembira, Seleksi Bintara Polri 2024 Dibuka, Ini Syarat hingga Alur Pendaftarannya

Disisi lain, Kepala BKSDA Seksi Konservasi Wilayah II Bengkulu, Lina Warlina sebelumnya telah melayangkan surat edaran kepada 12 kepala desa yang wilayahnya di pesisir pantai, untuk tidak mengadakan acara hiburan di lokasi cagar alam terlebih dahulu, sebelum ada penegasan terkait tapal batasnya.

Surat edaran tersebut berisi tentang larangan penggunaan kawasan di luar fungsinya, dilayangkan untuk belas desa kepala desa yakni, Kades Ketapang Baru, Kades Tedunan, Kades Padang Bakung, Kades Genting Juar, Kades Riak Siabun, Kades Kungkai Baru, Kades Pasar Ngalam, Kades Tawang Rejo, Kades Pasar Talo, Kades Penago Baru, Kades Penago 1, dan Kades Pasar Seluma.

BACA JUGA:Tahapan Seleksi Penerimaan Bintara Polri 2024 untuk Formasi PTU dan Bakomsus, Pendaftaran via Online

“Sampai saat ini memang kawasan pantai yang dimaksud masih dalam status Cagar Alam ya, nanti harus ada tapal batasnya sesuai titik koordinatnya terlebih dahulu mana cagar alam dan yang mana taman wisata alam. Kita mengimbau agar kawasan Cagar Alam tidak dipergunakan untuk kepentingan pariwisata dan rekreasi alam, dan tidak melakukan kegiatan lain yang bersifat komersial seperti melakukan pemungutan biaya masuk ke dalam kawasan Cagar Alam," tutur Lina Warlina.

Namun meskipun demikian, ribuan pengunjung hingga H+3 libur lebaran tetap antusias berlibur di pantai yang sampai saat ini diklaim berada di kawasan cagar alam.

Menyikapi dilema permasalahan wisata pesisir, Bupati Seluma, Erwin Octavian optimis proses pemasangan tapal batas antara cagar alam dengan taman wisata alam, sebagai tindak lanjut dari SK Menteri LHK No. 533 tahun 2023 tuntas di tahun ini.

BACA JUGA:Cepat Saji, Ini Daftar Menu KFC 2024, Lengkap dengan Harga dan Rekomendasi Menu Favorit

“Kita optimis tahun ini penegasan tapal batas antara Cagar Alam dengan Taman Wisata Alam tuntas di tahun ini, titik koordinatnya kan sudah ada sesuai SK Menteri LHK No. 533 tahun 2023 tinggal lagi dipasang beton tapal batasnya,” tegas Erwin Octavian.

 

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: