Iklan dempo dalam berita

Daftar 10 Palung Terdalam di Dunia hingga Lebih dari 10.000 Meter di Bawah Permukaan Laut

Daftar 10 Palung Terdalam di Dunia hingga Lebih dari 10.000 Meter di Bawah Permukaan Laut

10 palung terdalam di dunia, nomor satu Mariana--

BACA JUGA:Link Pendaftaran Tamtama Polri 2024 Secara Online, Batas Waktu Pendaftaran 25 April

Meskipun eksplorasi langsung terhadap palung Tonga tidak sebanyak yang dilakukan terhadap palung Mariana, penelitian geologi dan biologi laut telah memberikan wawasan baru tentang kondisi dan kehidupan di kedalaman laut yang ekstrem ini.

3. Palung Mindanao

Palung Mindanao, juga dikenal sebagai Palung Filipina, menempati posisi ketiga dalam daftar palung terdalam di dunia.

Terletak di Asia Tenggara, tepatnya di Filipina, palung ini membentang sepanjang sekitar 1.320 kilometer dengan lebar kurang lebih 30 kilometer.

BACA JUGA:Septic Tank Maut CSB Mall di Cirebon, Begini Kronologi Tewasnya 4 Teknisi Jelang Lebaran

Titik terdalamnya mencapai kedalaman sekitar 10.540 meter di bawah permukaan laut. Warga setempat juga mengenalnya dengan nama Jeluk Galathea. 

Palung ini terbentuk akibat benturan antara lempeng Zamboanga dan lempeng Palawan yang terjadi beberapa juta tahun yang lalu.

Eksplorasi di palung ini telah memberikan wawasan baru tentang kehidupan laut di kedalaman ekstrem dan proses geologi yang terjadi di dasar laut.

4. Palung Sandwich

Palung Sandwich terletak sekitar 100 kilometer di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, yang merupakan wilayah Britania Raya, menjadikannya palung terdalam di bagian selatan Samudera Atlantik. 

BACA JUGA:Dibuka 1.600 Formasi Tamtama Polri 2024 Lulusan SMA, Segera Siapkan Syarat dan Simak Cara Pendaftarannya

Panjangnya mencapai sekitar 965 kilometer, dengan titik terdalam mencapai 8.266 meter di bawah permukaan laut. Palung ini berada di wilayah busur vulkanik dengan gunung berapi yang masih aktif di sekitarnya. 

Meskipun belum banyak dieksplorasi secara mendalam, Palung Sandwich menyimpan banyak misteri yang menarik bagi para ilmuwan dan peneliti.

5. Palung Cayman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: