Iklan dempo dalam berita

Tak hanya Pempek! Berikut Makanan Lebaran Khas Palembang yang Jarang Orang Tahu

Tak hanya Pempek! Berikut Makanan Lebaran Khas Palembang yang Jarang Orang Tahu

Makanan khas Palembang saat lebaran--

7. Laksan

Sama seperti pempek terbuat dari ikan giling, laksan juga bercita rasa gurih dengan tekstur empuk sedikit kenyal. Nah laksan kuah susu tanpa santan cocok disajikan untuk tamu yang datang.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Lebaran Khas Sunda! Enak, Lezat dan Terbaik untuk Dinikmati

Selain beragam makanan lebaran khas Palembang yang telah disebutkandiatas, tak dapat dipungkiri bahwa salah satu kuliner legendaris yang membanggakan dari kota ini adalah pempek. 

Merupakan ikon kuliner yang telah memperoleh reputasi internasional, pempek bukan sekadar hidangan lezat, melainkan warisan budaya yang menjadi kebanggaan kota Palembang dan dikenal di seluruh Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan. 

Terbuat dari campuran daging ikan giling, tapioka, air, dan bumbu yang dipadukan dengan saus cuko khas, pempek menawarkan cita rasa yang menggoda dengan perpaduan harmonis antara rasa asin, pedas, dan umami, menjadikannya kreasi kuliner yang tiada tanding.

BACA JUGA:9 Makanan Khas Jawa yang Disajikan Dihari Lebaran, Salah Satunya Ketupat

Lebih dari sekadar makanan, pempek memegang peranan penting dalam identitas budaya, sejarah, geografis, dan gaya hidup masyarakat Palembang, bertahan dan tetap relevan sepanjang masa. 

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap asal-usul dan perkembangan pempek sebagai makanan tradisional, serta menelusuri pengaruhnya terhadap identitas masyarakat Palembang. 

Dengan menggunakan pendekatan sejarah, penelitian ini melibatkan beberapa tahapan, mulai dari heuristik untuk pengumpulan data, kritik sumber untuk evaluasi keabsahan informasi, interpretasi untuk pemahaman mendalam, hingga narasi historiografi untuk menyajikan cerita yang komprehensif dan informatif tentang peran pempek dalam membentuk kehidupan dan budaya Palembang.

Demikianlah informasi tentang makanan lebaran khas Palembang yang jarang orang tahu. Semoga bermanfaat.

 

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: