Iklan dempo dalam berita

Tak hanya Pempek! Berikut Makanan Lebaran Khas Palembang yang Jarang Orang Tahu

Tak hanya Pempek! Berikut Makanan Lebaran Khas Palembang yang Jarang Orang Tahu

Makanan khas Palembang saat lebaran--

BACA JUGA:Ternyata Sudah Hadir Sejak Abad ke 15 di Era Kerajaan Demak, Ini Sejarah Ketupat Beserta Filosofinya

3. Anam 

Kalau ngomongin makanan Lebaran khas Palembang, maka anam merupakan salah satu pilihannya. Terkenal sebagai “jodohnya” ketupat, anam juga makanan yang identik dengan perayaan Hari Raya Idulfitri di Palembang. Sekilas, anam mirip dengan gulai sapi maupun kambing. 

Bedanya, anam khas Palembang menggunakan daging ayam dan potongan dadu. Dimasak menggunakan rempah-rempah pilihan seperti lengkuas, jahe, temu kunci, hingga pala bubuk. Jangan heran jika anam terasa nikmat dan menghangatkan.

4. Tekwan 

Bosan dengan makanan bersantan saat Lebaran? Tekwan menjadi pilihan segar yang bisa dicoba. Penampilan tekwan hampir mirip seperti bakso, dengan kuah bening dan gurih menyegarkan.

BACA JUGA:Sajian Identik saat Momen Lebaran, Begini Cara Membuat Ketupat Gurih untuk Lebaran

Hanya saja, tekwan terbuat dari bahan dasar ikan. Untuk melengkapinya, tekwan biasa disajikan dengan irisan bengkoang, soun, dan jamur.

5. Kue Delapan Jam 

Usai menyantap hidangan berat, kurang rasanya jika tidak mencoba penganan manis, seperti kue. Kue delapan jam menjadi makanan yang kerap hadir di meja makan masyarakat Palembang saat Idul Fitri. 

Terbuat dari telur, susu, gula, vanili, dan margarin, seperti namanya, kue satu ini dimasak selama 8 jam, tidak kurang dan tidak lebih. Diolah dengan cara dikukus, kue satu ini memiliki tekstur empuk, serta rasa yang manis dan legit saat digigit.

BACA JUGA:Selain Burasa, Apa Saja 8 Makanan Lebaran Khas Sulawesi Saat Momen Lebaran

6. Celimpungan

Sajian camilan khas Palembang Celimpungan, banyak orang tahu jika hanya pempek yang jadi menu khas Palembang ketika hari lebaran, padahal ada beberapa kudapan lain yang juga terbuat dari ikan giling, salah satunya celimpungan.

Hampir mirip dengan adonan pempek, keistimewaan celimpungan tercipta dari perpaduan kuah santan. Terasa gurih saat dicoba, kuah santan kuning dari bumbu kunyit jadi cara tepat makan celimpungan.      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: