Iklan dempo dalam berita

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya--Foto: ist

BACA JUGA:Bolehkah Orang Tua Memanfaatkan Uang THR Anak? Jangan Sampai Salah, Begini Penjelasannya

"Wanita yang suka bersolek aneh-aneh di rumah saja, kalau yang bersolek wajar ke masjid boleh. Karena sebetulnya wanita bersolek itu hanya untuk suaminya saja, jadi sebaiknya di rumah. Bagi siapapun termasuk wanita yang sibuk mengurus anak, bisa melakukan sholat di rumahnya sendiri tanpa adanya khotbah. Seperti sholat dua rakaat saja tidak masalah, takbir 7 kali tersebut sifatnya sunnah," ucapnya.

Wajibkah Khutbah Setelah Shalat Ied?

Buya Yahya menjelaskan bahwa khutbah setelah shalat Ied tidaklah wajib. Hanya saja, memang rukunnya tentu akan menjadi lengkap dan pahala yang didapatkan insyaAllah lebih banyak. Bahkan sebetulnya, khutbah setelah shalat Ied dapat ditunaikan dengan sangat sederhana.

"Sholat Ied itu pada rakaat pertama dengan takbir tujuh kali, di rakaat kedua takbir lima kali. Setelah itu khotbahnya adalah sederhana, harus ada kalimat berikut ini dan bisa langsung dipakai: alhamdulillah, allahumma sholli ala sayyidina muhammad, ittaqullah, baca alquran Al-Ikhlas, duduk. Kemudian bangkit dan baca lagi: allahumma sholli ala sayyidina muhammad, ittaqullah, allahummaghfirli muslimin. Sudah, itu sudah selesai khotbahnya. Ini adalah melakukan sholat Ied dengan ranking pertama atau yang paling bagus," ucapnya.

BACA JUGA:THR Sudah Diberikan Penuh, tapi Ini Alasan Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawannya

Sementara sholat dengan berjamaah tanpa khotbah itu dikatakan Buya Yahya berada di ranking kedua. Kalau umat muslim melaksanakan sholat sendiri dan takut lupa sudah berapa jumlah takbirnya, bisa sholat dua rakaat seperti biasa namun diniatkan untuk Hari Raya Idul Fitri.

"Nggak pakai takbir dengan bilangan banyak itu ranking ketiga. Ranking keempat ya ini nggak lulus, yakni nggak sholat Ied, karena sudah dianjurkan oleh Rasulullah untuk sholat Hari Raya. Wallahualam," pesannya.

Tata Cara Sholat Ied di Rumah

Buya Yahya menjelaskan bahwa menurut sunnah dari mazhab Syafii, sholat Idul Fitri dianjurkan dilakukan di masjid. Ada pula mazhab Imam Ahmad yang menganjurkan di tanah lapang. Namun, sholat Ied di rumah pun tetap sah selama tempat sholat bersih dan nyaman.

"Perbedaan ini jangan jadi alasan atau dipaksakan. Namun memang dianjurkan untuk sholat di luar rumah, bahkan wanita haid pun diminta pergi keluar tapi tidak ikut sholat. Agar gebyar begitu karena sholat ini bagian dari syiar," ucap Buya Yahya.

BACA JUGA:Wacana THR untuk Ojol dan Kurir, Dosen Ini Berpendapat THR Bisa Mulai Dibayarkan Lebaran Tahun Depan

"Sholat dua hari raya (Fitri atau Adha) itu sifatnya sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dikukuhkan. Bahkan sebagian mengatakan fardhu kifayah. Artinya kalau sebuah negara meninggalkan sholat Id, maka diperangi. Karena meninggalkan kifayah atau syiar. Tapi kalau di kita hukumnya sunnah muakkad, sunnah yang sangat sunnah. Sholat ini bisa saja sah jika tanpa khotbah," katanya.

Berikut tata cara sholat Hari Raya Ied di rumah, sesuai panduan dari laman Kementerian Agama (Kemenag) RI dan laman Rumaysho.

RAKAAT PERTAMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: