Iklan dempo dalam berita

Marhaban Ya Ramadhan, Yuk..Diingat Lagi Doa Sahur dan Berbuka, Ini Tips Sehat saat Sahur

Marhaban Ya Ramadhan, Yuk..Diingat Lagi Doa Sahur dan Berbuka, Ini Tips Sehat saat Sahur

Marhaban Ya Ramadhan, Yuk..Diingat Lagi Doa Sahur dan Berbuka, Ini Tips Sehat saat Sahur--

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air selama puasa dengan minum air secukupnya saat sahur. Bukan sekadar saat sahur, minum air putih yang cukup selama jeda antara berbuka dan sahur juga direkomendasikan guna menghindari dehidrasi.

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari

Jika sebelumnya disebutkan menu sahur sehat yang sebaiknya dikonsumsi, ada pula beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat sahur, yaitu:

1. Fast food

Hindari mengonsumsi makanan yang diproses dengan cepat (fast food) atau makanan yang diproses dengan cara digoreng. Makanan cepat saji memang dapat mengenyangkan, namun hanya untuk sementara. Selain itu, jenis makanan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Karbohidrat olahan

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat sahur. Karbohidrat olahan adalah produk biji-bijian atau gandum-ganduman yang telah diproses hingga kehilangan kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Contoh karbohidrat olahan adalah donat, pizza, dan kue. Selain itu, makanan-makanan yang berlemak dan terlalu manis, seperti kue manis, biskuit, cokelat, dan permen juga sebaiknya dihindari saat santap sahur.

3. Kafein

Teh dan kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik, alias membuat tubuh mudah mengeluarkan urine. Minum kopi atau teh saat sahur membuat tubuh mengeluarkan air lebih banyak, sehingga rentan menyebabkan dehidrasi. Konsumsi keduanya juga berpotensi menyebabkan jumlah zat besi yang diserap tubuh tidak optimal.

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: