Iklan dempo dalam berita

Marhaban Ya Ramadhan, Yuk..Diingat Lagi Doa Sahur dan Berbuka, Ini Tips Sehat saat Sahur

Marhaban Ya Ramadhan, Yuk..Diingat Lagi Doa Sahur dan Berbuka, Ini Tips Sehat saat Sahur

Marhaban Ya Ramadhan, Yuk..Diingat Lagi Doa Sahur dan Berbuka, Ini Tips Sehat saat Sahur--

Dengan begitu durasi puasa juga ideal karena jarak waktu dari terakhir santap sahur ke waktu berbuka tidak terlalu panjang, dibandingkan sahur pada tengah malam atau menjelang tidur. Waktu puasa yang lebih panjang membuat orang rentan merasakan lemas, sakit kepala, dan gejala kekurangan cairan lainnya.

BACA JUGA:Nasabah Dimanjakan Pinjam KUR BRI, Bulan Ini Disiapkan Dana Rp 12 Triliun

Namun sahur yang terlalu dekat dengan waktu imsak atau azan Subuh juga tidak disarankan, karena makan terburu-buru saat santap sahur bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:Tanpa Agunan, Pinjam Rp 100 Juta Cicilan 60 Bulan di KUR BNI, Ini Cara dan Syaratnya

Jika waktu sahur yang dianjurkan beberapa saat sebelum azan Subuh, berikut ini beberapa menu yang sehat untuk disantap sahur:

1. Karbohidrat kompleks

Mengindari pasokan energi saat puasa tidak cepat hilang, menu sahur sehat sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks akan dilepaskan secara perlahan oleh tubuh untuk dicerna. Dengan kata lain, tubuh akan merasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat jenis ini antara lain oat, gandum utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, polong-polongan, dan sayuran.

2. Serat

Rasa kenyang lebih lama saat berpuasa akan makin optimal jika menu sahur sehat dilengkapi dengan sumber makanan berserat. Serat membantu sistem pencernaan berjalan lebih lambat dalam memproses makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Untuk kebutuhan serat, menu sahur sehat yang bisa dijadikan pilihan antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh, dan sereal.

3. Protein

Meski kedua kandungan di atas dianggap krusial, jangan lupakan peran nutrisi lain seperti protein. Protein membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh dan membangun sistem kekebalan.

Protein sebagai menu sahur sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan, ayam, daging merah, telur, susu dan produk olahannya, atau kacang-kacangan.

4. Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: