Iklan dempo dalam berita

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Dhuha dan Apa saja Keutamaannya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Dhuha dan Apa saja Keutamaannya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Niat dan jumlah rakaat sholat dhuha--

Meskipun bisa dikerjakan hingga 12 rakaat, tetapi dalam pengerjaannya harus melakukan salam setiap dua rakaat.

Berikut bacaan niat sholat dhuha 2 rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Arab-latin: Ushalli sunnatadh dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala,"

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang dengan Kartu Kredit BCA, Dapatkan Dana Rp 15 Juta Tanpa Jaminan

Doa Setelah Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuhaMu, keagungan adalah keagunganMu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, keagunganMu, keindahanMu dan kekuatanMu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambamu yang shalih.

Keutamaan atau manfaat dari Sholat Dhuha sungguhlah banyak, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud, dan Ahmad dari Abu Dzar, bahwa Rasulullah SAW memberikan nasihat yang amat berharga. 

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Kartu Kredit BNI, Pinjaman Rp 5 Juta Bunga 1 Persen dan Cara Pelunasannya

Beliau bersabda, "Hendaklah setiap dari kalian bersedekah untuk setiap ruas tulang badan pada setiap pagi. Sebab, setiap kali membaca tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain untuk melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai gantinya, cukuplah mengerjakan dua rakaat Sholat Dhuha."

Dalam riwayat lain yang disampaikan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, beliau berkata, "Nabi Muhammad SAW, sang kekasihku, telah mewasiatiku dengan tiga amal: berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, melaksanakan dua rakaat Sholat Dhuha, dan menjalankan Sholat Witr sebelum tidur."

Mayoritas ulama sepakat bahwa Sholat Dhuha adalah sunnah, bahkan para ulama Maliki dan Syafi'i menyatakan bahwa Sholat Dhuha adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang sangat ditekankan, berdasarkan hadits-hadits yang telah disebutkan di atas.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang dengan Kartu Kredit Mandiri, Pinjaman Rp 10 Juta Cicilan hanya Rp160 Ribuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: