Iklan dempo dalam berita

Berikut Daftar 26 Satelit Indonesia yang Mengorbit di Luar Angkasa

Berikut Daftar 26 Satelit Indonesia yang Mengorbit di Luar Angkasa

Daftar nama satelit Indonesia yang mengorbit di luar angkasa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berikut daftar 26 satelit Indonesia yang mengorbit di luar angkasa.

Dunia modern saat ini tidak dapat dipisahkan dari peran penting teknologi satelit dalam menjaga konektivitas global, memantau kondisi lingkungan, hingga memfasilitasi komunikasi antarbenua. 

Indonesia, sebagai salah satu negara yang terus maju dalam eksplorasi luar angkasa, memiliki sejarah yang kaya dalam meluncurkan dan mengelola satelit-satelitnya sendiri. 

BACA JUGA:Begini Cara Daftar Mandiri Sekuritas Online, Berserta Syarat dan 3 Jenis Produknya untuk Investasi

Dari peluncuran satelit telekomunikasi hingga pengamatan lingkungan, berikut adalah daftar 26 satelit Indonesia yang berhasil mengorbit di luar angkasa, mewakili kemajuan dan kontribusi negara dalam ranah luar angkasa. 

Dari satelit yang memantau cuaca hingga satelit yang mendukung telekomunikasi, keberadaan setiap satelit ini membawa dampak besar dalam memajukan teknologi dan perekonomian nasional. 

Mari kita telusuri lebih dalam tentang peran dan fungsi masing-masing satelit Indonesia yang menjelajahi angkasa ini.

Pada Minggu, tanggal 18 Juni 2023 tahun lalu, Pemerintah Indonesia merayakan prestasi luar biasa dengan suksesnya peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria-1) dari Cape Canaveral Space Force Station, Florida, Amerika Serikat. 

BACA JUGA:Bagaimana Belajar Saham Mandiri Sekuritas, Cara Daftar Via Online dan 4 Layanan yang Diberikan

Satelit senilai US$550 juta atau setara dengan Rp 8,2 triliun ini menempati orbit 146 derajat Bujur Timur (BT), membawa harapan besar bagi masa depan komunikasi dan konektivitas di Indonesia. 

Dengan kapasitas luar biasa sebesar 150 Gbps yang didukung oleh teknologi High Throughput Satellite (HTS) frekuensi Ka-Band, Satria-1 diklaim dapat menjangkau hampir 150 ribu titik fasilitas layanan publik di seluruh Indonesia.

Keberadaannya tidak hanya mengukuhkan posisi Indonesia dalam peta komunikasi satelit global, tetapi juga menjadikannya sebagai satelit terbesar di Asia atau yang ke-5 terbesar di dunia. 

Dengan peluncuran Satria-1, Indonesia kini bangga memiliki 6 satelit Geostationary Orbit (GSO) aktif, termasuk Indostar 2, Merah Putih, Telkom 3S, Nusantara Satu, dan BriSat.

BACA JUGA:Syarat KUR BNI 2024 Terbaru Tanpa Jaminan, Pinjaman Rp 25 Juta Cicilan Mulai Rp 400 Ribuan, Bunga 6 %/Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: