Iklan dempo dalam berita

Ada di Akhir Bulan Ramadhan, Ini Sejarah Terjadinya Malam Lailatul Qadar serta Keutamaannya

Ada di Akhir Bulan Ramadhan, Ini Sejarah Terjadinya Malam Lailatul Qadar serta Keutamaannya

Sejarah malam lailatul qadar--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ada di akhir bulan Ramadhan, Ini sejarah terjadinya malam Lailatul Qadar serta keutamaannya.

Sejarah malam Lailatul Qadar memiliki akar yang dalam dalam ajaran Islam dan dipandang sebagai malam yang penuh dengan kemuliaan serta keberkahan.

Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya "Syifa'ul Alil fi Masa'ilil Qadha wal Qadar wal Hikmah wat Ta'lil" menjelaskan makna dari istilah Lailatul Qadar.

Menurut Ibnul Qayyim, asal katanya berasal dari kata "qadar", yang merupakan bentuk masdar dari kata "qadara".

BACA JUGA:Alur Pendaftaran CPNS 2024, Simak Sebelum Mendaftar Seleksi CPNS 2024

Kata "qadara" asy-syai'a berarti menentukan sesuatu, sementara kata "yuqaddiruhu qadran" berarti menentukan sesuatu dengan ukuran tertentu. Dengan demikian, Lailatul Qadar memiliki makna sebagai malam penetapan dan penentuan.

Dalam riwayat yang disampaikan oleh Sufyan dari Ibnu Abi Najih dan Mujahid, disebutkan bahwa Lailatul Qadar adalah malam penentuan.

Sufyan juga meriwayatkan dari Muhammad Ibn Syauqah, dari Sai'is ibn Jubair, yang menyatakan bahwa pada malam Lailatul Qadar, orang-orang yang menunaikan ibadah haji dipanggil, dan nama-nama mereka serta nama-nama ayah mereka ditulis tanpa ada yang ketinggalan, ditambah, atau dikurangi.

BACA JUGA:Ada Pintu Surga Khusus Untuk Orang yang Berpuasa Saat Ramadan, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Selain itu, Ibnu Aliyyah juga menyampaikan bahwa Rabi'ah ibn Kultsum menceritakan bahwa ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Hasan tentang apakah Lailatul Qadar turun setiap bulan ramadhan.

Hasan menjawab bahwa benar, Lailatul Qadar turun setiap bulan ramadhan, dan pada malam itu Allah menentukan setiap ajal, perbuatan, dan rezeki seorang hamba.

Yusuf Ibn Mahrah juga meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa pada malam Lailatul Qadar, dari Ummul Kitab ditulis semua urusan yang akan terjadi selama satu tahun penuh, termasuk urusan hidup, mati, rezeki, hujan, dan juga urusan orang-orang yang akan menunaikan ibadah haji.

BACA JUGA:Kabar Bahagia, Ini Aturan dan Cara Menghitung THR untuk Freelancer

Sejarah Malam Lailatul Qadar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: