Iklan dempo dalam berita

Sering Disorot Dalam Penanganan Kebakaran, Ini Permasalahan Damkar di Bengkulu Tengah

Sering Disorot Dalam Penanganan Kebakaran, Ini Permasalahan Damkar di Bengkulu Tengah

Sering Disorot Dalam Penanganan Kebakaran, Ini Permasalahan Damkar di Bengkulu Tengah--

BENTENG, RBTVCAMKOGA.COM - Ketersediaan armada pemadam kebakaran di Bengkulu Tengah, hingga saat ini masih terbilang kurang. Ada Tujuh unit armada pemadam kebakaran di Bengkulu tengah, yang disiagakan di Tujuh pos berbeda.

BACA JUGA:Ini Jadwal Tes P3K Damkar, SK P3K Nakes dan Guru Dibagikan April

Sementara itu Kabupaten Bengkulu Tengah sendiri memiliki 11 kecamatan, 1 kelurahan dan 142 desa. Dengan kondisi tersebut, mau tidak mau satu unit damkar harus menanggulangi kebakaran di dua kecamatan berbeda.

BACA JUGA:Tes P3K Damkar Diundur. Berikut Jadwal Terbaru

Dijelaskan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bengkulu Tengah, Mun Gumiri, untuk penambahan armada saat ini belum memungkinkan, dikarenakan kondisi keuangan yang minim. Satu unit armada damkar dihargai Rp 2 hingga 3 miliar, belum lagi ditambah peralatan lainnya.

BACA JUGA:196 Personel Damkar Tes Tertulis Seleksi P3K, Pemkot Optimis Lulus 100 Persen

Diawal tahun2022 lalu, ada penambahan satu unit damkar merupakan hibah dari pemerintah DKI Jakarta. Hanya saja armada hibah ini tidak dilengkapi fasilitas peralatan yang lengkap, sehingga perlu adanya anggaran untuk melengkapi armada .

BACA JUGA:Dicari 143 Relawan Damkar di Bengkulu Tengah

“Keterbatasan anggaran di Bengkulu tengah menjadi salah satu permasalahan sehingga belum terakomodirnya penambahan armada,” ungkap Mun Gumiri.

BACA JUGA:Pengumuman Administrasi Seleksi PPPK Damkar, Ini Hasilnya

Tidak Hanya Permasalahan Kekurangan Armada, ternyata kecilnya honor bulanan yang diterima petugas pemadam kebakaran menjadi masalah, saat ini perbulan honor yang diterima saat ini sebesar Rp 850 ribu

BACA JUGA:Sudah Mau Tahun Baru tapi Belum Gajian, Personel Damkar Lakukan Ini

Kadis Damkar Bengkulu Tengah, Mun Gumiri, kesejahteraan petugas damkar menjadi prioritas, termasuk asupan gizi lewat anggaran makan petugas setiap harinya. Ditambahkan Mun Gumiri, penambahan anggaran perawatan kendaraan damkar yang sudah berusia 7 hingga 10 tahun, juga sangatlah diperlukan kedepannya.

BACA JUGA:Armada Damkar Mini Solusi Pemadam Kebakaran Di Bengkulu Selatan

"Selain armada, kesejahteraan petugas menjadi prioritas, karena resiko yang dihadapi sangat besar. pemkab diharapkan memperhatikan kesejahteraan petugas damkar dengan cara menaikan honor dan guna asupan gizi," tambah Mun Gumiri. 

BACA JUGA:Armada Damkar DKI Jakarta di Kantor Bupati Bengkulu Tengah, Ada Apa?

Sementara itu menanggapi hal ini, Penjabat Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni, siap membahas bersama DPRD untuk kenaikan honor petugas damkar. Penambahan anggaran bisa diakomodir paling cepat di APBD Perubahan tahun 2023 ini, atau selambatnya pada di APBD tahun anggaran 2023.

BACA JUGA:Minggu ini, Damkar Hibah Pemprov DKI Dijemput Pakai Tronton ke Bengkulu Tengah

"Terkait permintaan tersebut, nanti akan kita bahas bersama dprd bengkulu tengah dan penambahan anggaran akan diupayakan secepatnya," kata Heriyandi.

 

Harri Sutriansyah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: