Iklan dempo dalam berita

Kisah Sahabat Nabi yang Pingsan saat Puasa Ramadhan serta Asal-usul Turunnya Surat Al-Baqarah Ayat 187

Kisah Sahabat Nabi yang Pingsan saat Puasa Ramadhan serta Asal-usul Turunnya Surat Al-Baqarah Ayat 187

Kisah sahabat Nabi Muhammad yang pingsan saat puasa--

NASONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kisah sahabat nabi yang pingsan saat puasa Ramadhan, serta asal-usul turunnya surat Al-Baqarah ayat 187.

Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang menantikan bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh keberkahan. 

Umat muslim yang telah baligh pun diwajibkan berpuasa di bulan suci ini. Perintah berpuasa di bulan Ramadhan sendiri tertulis dalam QS Al-Baqarah 2:183.

“Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kepada kalian berpuasa, sebagaimana puasa itu juga telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, semoga kalian menjadi orang-orang yang bertakwa.”

BACA JUGA:Catat! Ini 4 Amalan Nabi Muhammad SAW saat Puasa, Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Ternyata kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan telah diberlakukan sejak jaman sebelum Nabi Muhammad SAW. Allah memerintahkan kaum jahiliah untuk melakukan ibadah puasa namun mereka menentangnya.

Sebenarnya ada begitu banyak kisah teladan tentang puasa Ramadan yang dapat diajarkan kepada anak. Salah satunya kisah Qais bin Shirmah yang merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW. 

Meskipun ia harus bekerja kerasa sebagai tukang kebun di sebuah kebun kurma, namun Qais bin Shirmah selalu taat beribadah.

Kisah Qais bin Shirmah yang terkenal adalah ketika ia jatuh pingsan saat bekerja, karena tidak sempat makan dan minum saat sahur.

Kisah inilah yang kemudian menjadi cikal bakal turunnya firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 187 mengenai perintah sahur ketika puasa di bulan Ramadan. 

BACA JUGA:Rekomendasi 2 Takjil Mantul, Cocok untuk Pemanis Buka Puasa, Yuk Intip Resepnya

Cerita tersebut dapat diceritakan kepada Si Kecil dalam rangka mengenalkan ibadah puasa di bulan Ramadan. Hal ini agar anak paham, salah satunya mengenai dari mana perintah sahur berasal. 

Lalu bagaimana kisah teladan Qais bin Shirmah tersebut? Berikut ulasannya:

Cerita Teladan Sahabat Nabi di Bulan Ramadan Tentang Puasa Tanpa Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: