Iklan dempo dalam berita

Bolehkah Wanita Haid Ziarah Kubur? Simak 6 Adab Ziarah Kubur Berikut

Bolehkah Wanita Haid Ziarah Kubur? Simak 6 Adab Ziarah Kubur Berikut

Apakah boleh wanita haid melakukan ziarah kubur?--

“Suatu hari Aisyah dating dari kuburan. Lalu aku bertanya, ‘Wahai Ummul Mukmunin, anda dari mana?.’ Dia menjawab, ‘Dari kuburan saudaraku, Abdurrahman bin Abu Bakar.’ Aku bertanya lagi padanya, ‘Bukankah Saw. telah melarang ziarah kubur?.’ Dia menjawab, ‘Benar, beliau memang dulu melarangnya kemudian beliau memerintahkannya.’

BACA JUGA:Bisa Diangsur 60 Bulan, Bunga 0,5 Persen per Bulan, Berikut Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Plafon Rp 50 Juta

Sementara itu, karena merupakan salah satu tradisi yang dilakukan secara turun-temurun, ternyata ada beberapa adab Ketika ziarah kubur yang sebaiknya diketahui oleh masyarakat, terutama bagi seorang muslim. 

Apa sajakah adab ziarah kubur yang mesti dipahami? Berikut rangkuman adab ziarah kubur dan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan.

Secara umum, terdapat beberapa adab ziarah kubur yang harus diperhatikan, terutama bagi seorang muslim. Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah adab-adab ziarah kubur yang dapat menjadi panduan:

1. Membacakan Doa dan Ayat-ayat Al-Quran

Salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh seseorang saat melakukan ziarah kubur adalah dengan membaca doa maupun ayat-ayat suci Al-Quran.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang Lewat Livin Mandiri, Pinjaman Rp 10 Juta Cair, Siapkan Rekening dan KTP

Selain bertujuan untuk mendoakan orang yang meninggal dunia, aktivitas tersebut juga dapat diniatkan semata-mata sebagai ibadah kepada Allah SWT.

2. Menjaga Perilaku yang Baik

Dimanapun kita berada, hendaknya untuk menjaga perilaku yang baik. Tak terkecuali pada saat melakukan ziarah kubur.

Dengan menjaga perilaku yang baik selama berziarah kubur, menunjukkan bahwa kita menghormati orang-orang yang telah meninggal dan menciptakan lingkungan dengan tenang di sekitarnya.

3. Menghadirkan Hati yang Jauh dari Keburukan

Berziarah kubur dengan membawa doa dan niat yang baik perlu diperhatikan bagi setiap orang. Salah satunya dengan menghadirkan hati yang jauh dari keburukan dan menghindari hal-hal yang buruk.

BACA JUGA:Jadi Tradisi Masyarakat, Apa Hukum Tabur Bunga saat Ziarah Kubur? Begini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: