Iklan dempo dalam berita

Ramadhan Sebentar Lagi! Berikut 10 Tradisi Jelang Ramadhan di Indonesia

Ramadhan Sebentar Lagi! Berikut 10 Tradisi Jelang Ramadhan di Indonesia

Tradisi masyarakat Indonesia menjelang ramadhan--

Selain dengan keluarga, biasanya orang-orang juga mengundang makan masyarakat kurang mampu untuk menyantap daging bersama. Baik itu daging sapi, kambing, sampai kerbau. Tradisi ini ditinggalkan oleh Sultan Iskandar Muda.

9. Tradisi Ziarah Kubur di Palembang

Di Palembang, Sumatera Selatan ada juga tradisi menyambut bulan puasa bernama Ziarah Kubur. Masyarakat akan melakukan ziarah kubur massal ke tokoh-tokoh agama, mulai dari para wali yang turut menyebarkan agama Islam sampai ulama setempat.

BACA JUGA:Menarik! Ini Cara Daftar Beasiswa S1 Unhan, Biaya Full Gratis Selama Menempuh Pendidikan

Salah satu tujuan utama yang tak boleh terlewatkan adalah ziara ke pendiri Kesultanan Palembang Darussalam. Menariknya, ziarah massal ini tidak dilakukan di satu tempat, bahkan bisa lebih dari 3 lokasi berbeda.

10. Tradisi Malamang di Sumatera Barat

Tak hanya pulau Jawa saja yang ramai dengan tradisi saat jelang Ramadan, Sumatera Barat juga. Masyarakat Minangkabau menyambutnya dengan membuat lemang secara bersama-sama. Dan tradisi itu disebut dengan Malamang atau membuat lemang.

Setelah lemang matang, biasanya di malam hari akan ada syukuran mandoa atau berdoa bersama. Itu juga merupakan bagian dari tradisi sebagai bentuk rasa syukur datangnya bulan puasa. Hidangannya tentu saja lemang yang sudah dibuat sebelumnya.

BACA JUGA:12 Jurusan di Unhan yang Ramai Peminat, Seprti Ini 5 Keuntungan Kuliah di Unhan

Tradisi-tradisi unik yang dilakukan menjelang Ramadan di berbagai daerah di Indonesia tidak hanya menjadi perayaan keagamaan, tetapi juga merupakan bagian dari warisan budaya yang kaya dan beragam. 

Semangat kerukunan dan kebersamaan yang terpancar dari pelaksanaan tradisi-tradisi tersebut menjadi cerminan dari nilai-nilai sosial dan spiritual yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Demikian informasi tentang tradisi jelang ramadhan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: