Iklan dempo dalam berita

Ramadhan Sebentar Lagi! Berikut 10 Tradisi Jelang Ramadhan di Indonesia

Ramadhan Sebentar Lagi! Berikut 10 Tradisi Jelang Ramadhan di Indonesia

Tradisi masyarakat Indonesia menjelang ramadhan--

BACA JUGA:Tawarkan Pinjaman Tanpa Riba untuk UMKM, Ini Informasi Jadwal Dibuka dan Syarat Pengajuan KUR BSI

2. Tradisi Nyadran di Jawa Tengah

Di Jawa Tengah, terdapat tradisi bernama Nyadran yang dilaksanakan menjelang Ramadan. Pada saat ini, banyak masyarakat melakukan ziarah ke kuburan, membersihkan desa atau makam, mengadakan selamatan, makan bersama, hingga memberikan sedekah bumi. 

Bahkan, di beberapa tempat di Jawa Tengah, pernah diadakan selamatan massal untuk semakin memeriahkan kedatangan Ramadan.

Tradisi Nyadran juga tidak hanya terbatas di Jawa Tengah, tetapi juga dilakukan di Yogyakarta, beberapa wilayah di Jawa Timur, hingga Lampung.

BACA JUGA:Pendaftaran Unhan 2024 Telah Dibuka, Catat Syarat Masuk Unhan Terbaru serta Cara dan Pilihan Jurusannya

3. Tradisi Dugderan di Semarang

Di Jawa Tengah, selain tradisi Nyadran, terdapat tradisi unik lainnya di beberapa tempat, seperti Dugderan di Semarang. Dugderan merupakan sebuah pesta rakyat yang menggabungkan semua lapisan masyarakat, mulai dari para pejabat hingga masyarakat umum. 

Tradisi ini telah ada sejak tahun 1881 pada masa pemerintahan Bupati R.M. Tumenggung Ario Purboningrat dan masih rutin dilakukan hingga kini. Bahkan, seringkali acara ini dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah sendiri. 

Dalam pesta ini, masyarakat dapat menikmati berbagai keseruan, seperti pasar malam, mainan Warak Ngendok, berbagai jenis kuliner, dan masih banyak lagi. Dugderan menjadi pesta penyambutan Ramadan yang ditunggu-tunggu oleh semua kalangan.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan BPKB Motor, Pinjaman Rp 20 Juta Cicilan Rp 1 Jutaan

4. Tradisi Padusan di Boyolali

Masih dari Jawa Tengah, tepatnya di Boyolali, terdapat tradisi Ramadan lainnya yang disebut Padusan. 

Tradisi ini dilakukan untuk mensucikan diri dengan mandi atau berendam di sumber-sumber mata air yang dianggap keramat. Lokasi Padusan bervariasi, mulai dari laut, sumber mata air, hingga tempat-tempat lainnya. 

Salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat Boyolali untuk melaksanakan tradisi Padusan adalah kompleks wisata Pemandian Umbul Pengging, yang terkenal dengan empat umbulnya yang menjadi favorit bagi para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: