Iklan dempo dalam berita

Konsumsi Air Kelapa Baik Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Manfaat untuk Asam Lambung Loh

Konsumsi Air Kelapa Baik Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Manfaat untuk Asam Lambung Loh

Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) mengalami kelemahan--

Air kelapa alami termasuk dalam cairan alkali yang berguna untuk mengurangi tingkat asam dalam perut dan menjaga pH tubuh agar tidak terlalu asam. Minuman ini juga kaya akan elektrolit penting seperti kalium yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, air kelapa sering dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi masalah asam lambung. 

BACA JUGA:Jangan Lupakan yang Tua, Ini Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan Tubuh

Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi air kelapa sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat dan benar, ya. Disarankan agar sobat camkoha mengonsumsi air kelapa murni tanpa campuran gula atau pemanis lainnya. Dengan cara ini, manfaat dari air kelapa bagi Kesehatan dan asam lambung dan tubuh secara keseluruhan dapat Anda rasakan dengan maksimal.

BACA JUGA:Anjurkan Anak Minum Air Kelapa Muda, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Mereka

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) mengalami kelemahan, loh sobat camkoha. Otot tersebut pada umumnya berfungsi untuk berkontraksi dan menutup saluran menuju kerongkongan setelah makanan mencapai lambung. Namun, apabila otot ini mengalami kelemahan, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan.

BACA JUGA:Manfaat Air Kelapa Kuning untuk Mencerahkan Kulit, Selain Itu Berikut Manfaat Lainnya 

Keadaan ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), penderita obesitas, dan wanita hamil. Nah, salah satu gejala utama dari kondisi asam lambung naik ini adalah perasaan terbakar di bagian dada yang sering disebut dengan istilah heartburn, dan gejala ini dapat semakin memburuk setelah sobat camkoha makan atau saat berbaring. 

Selain rasa panas di dada, seseorang yang mengalami asam lambung juga dapat mengeluhkan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag, sesak napas, dan rasa asam di mulutnya.

BACA JUGA:4 Manfaat Air Kelapa untuk Wajah Selain Tingkatkan Produksi Kolagen, Cobain Deh

Cara Mengatasi Asam Lambung

Mengatasi asam lambung tidak selalu bergantung pada obat-obatan saja, loh sobat camkoha. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga merupakan langkah penting dalam memulihkan diri dari penyakit tersebut. Berikut beberapa tips yang sobat camkoha dapat diterapkan untuk menjauhkan dan mengatasi asam lambung atau GERD: 

  1. Menurunkan berat badan agar meminimalisir tekanan pada lambung. 
  2. Menghentikan kebiasaan merokok karena merokok dapat memperburuk gejala GERD. 
  3. Menghindari makan dalam porsi besar dan berat terutama di malam hari. 
  4. Menghindari makanan pemicu seperti cokelat, kafein, dan alkohol yang dapat memicu produksi asam lambung. 
  5. Mengatur jadwal makan dengan maksimal 3 jam sebelum tidur dan menghindari berbaring langsung setelah makan. 

BACA JUGA:Ketombe Pergi Jauh, Begini 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Rambut

Nah, itulah manfaat air kelapa muda untuk asam lambung. Meskipun air kelapa muda memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi gejala asam lambung, penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya secara teratur, ya sobat camkoha. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, dan pengobatan yang dianjurkan mungkin berbeda-beda.

BACA JUGA:Stres Berat Badan Naik Terus? Manfaat Air Kelapa Muda Bisa Membantu Anda Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: