Iklan dempo dalam berita

4 Bank Siap Tampung SK PPPK, Tenor Minimal 15 Tahun Hingga 25 Tahun dan Kredit yang Dicairkan Tembus 1,5 M

4 Bank Siap Tampung SK PPPK, Tenor Minimal 15 Tahun Hingga 25 Tahun dan Kredit yang  Dicairkan Tembus 1,5 M

Nasabah hanya perlu menyerahkan dokumen data diri, slip gaji, dan tentunya dokumen SK PPPK sebagai jaminan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Para guru honorer yang sudah diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) punya cara sendiri untuk menyimpan SK-nya.

BACA JUGA:Tahap Pengisian DRH NI, 9 Dokumen Ini Wajib Disiapkan Semua Peserta PPPK yang Lolos Seleksi

Menjadi PPPK bisa jadi kebanggaan dan j auh berbeda saat masih berstatus tenaga honorer, dengan mengantongi SK, seorang PPPK bisa dilayani pihak perbankan.

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika SK PPPK tidak disimpan di lemari rumah, melainkan ke lokasi penyimpanan paling aman serta bisa mendatangkan uang.

BACA JUGA:SK PPPK Bisa Digadai ke Bank, tapi Perhatikan 5 Tips dan 3 Risikonya Berikut

Ketum DPP Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I) Raden Sutopo Yuwono pernah mengungkapkan, bahwa banyak mendapatkan laporan dari para guru yang sudah diangkat menjadi PPPK yang mendapat tawaran dari perbankan untuk "menyimpan" SK di bank. 

Namun , sebagai gantinya maka bank akan memberikan uang pinjaman dengan bunga rendah. Biasanya bank akan menyiapkan pinjaman hingga Rp 100 juta, dengan masa tenor 1-5 tahun.

BACA JUGA:Penting, PPPK Guru Dianggap Mengundurkan Diri jika Sampai 14 Januari Tidak Melengkapi Hal Ini

Sementara itu, besaran tenor gadai SK PPPK berbeda-beda pada setiap bank. Untuk saat ini ada empat bank himbara yang bisa melayani pinjaman lewat gadai SK PPPK. Keempat bank tersebut yaitu bank Mandiri, BNI, BSI, dan BRI. Produk pinjaman yang ditawarkan beragam, mulai dari pinjaman untuk membangun rumah maupun pinjaman konsumtif lainnya. 

BACA JUGA:SK PPPK Diterbitkan Instansi Seiring Nomor Induk PPPK, Ini Hal Utama Isi SK yang Terlampir

Berikut ini besaran tenor kredit gadai SK PPPK di keempat bank tersebut: 

1. Bank Mandiri 

Bank Mandiri memiliki produk Kredit Pinjaman Rakyat (KPR) yang menyasar ASN, prajurit TNI, dan anggota Polri. Produk KPR tersebut bernama Mandiri New KPR/Multiguna Pegawai. Sesuai sebutannya, pinjaman KPR ini dapat diberikan bagi pegawai ASN, termasuk PPPK yang ingin membeli rumah. Salah satu syarat dokumennya adalah menyerahkan SK Pegawai sebagai jaminan.

Pinjaman ini menawarkan limit kredit besar hingga 45 kali gaji dan tenor fleksibel. Dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, bagi pegawai yang membeli rumah tinggal bisa memperoleh tenor hingga 25 tahun. Sementara, untuk pegawai yang mengajukan pembiayaan multiguna bisa memperoleh tenor hingga 15 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: