Iklan dempo dalam berita

Mau Kredit Mobil, Selain Siapkan Uang Muka Alias DP, Kamu Wajib Siapkan 7 Persyaratan Berikut Ini

Mau Kredit Mobil, Selain Siapkan Uang Muka Alias DP, Kamu Wajib Siapkan 7 Persyaratan Berikut Ini

Apa yang akan kamu persiapkan sebelum mengajukan kredit mobil--

Pihak pemberi kredit mobil akan meninjau penghasilanmu untuk memastikan kemampuan membayar cicilan. Meskipun jumlah gaji tidak menjadi satu-satunya fokus, persentase gaji yang akan dipakai untuk membayar cicilan setiap bulan sangat diperhatikan.

BACA JUGA:Pinjaman Rp 50 Juta KUR BRI Dapat Angsuran Ringan, Ajukan Sebelum Tutup Buku Akhir Tahun 2023

Kamu perlu memeriksa keuangan sehari-hari dengan cermat. Menghitung berapa persen dari gaji yang bisa dialokasikan untuk membayar cicilan kredit mobil sangat penting. Sebagai contoh, jika gaji bulanan sekitar Rp10 juta, sebaiknya cicilan kredit tidak lebih dari Rp3 juta.

Dengan mempertimbangkan 30 persen dari gaji sebagai pembayaran cicilan, ini bisa menjadi acuan agar keuangan tetap sehat tanpa mengorbankan kebutuhan yang mendesak. Jadi, yang terpenting bukan seberapa besar gaji yang dimiliki, tapi seberapa sehat aliran kas yang bisa dialokasikan untuk cicilan tiap bulannya.

BACA JUGA:Tidak Pakai Jaminan, Pinjam Rp 50 Juta KUR BRI Cukup Lengkapi 5 Syarat Ini, Angsurannya Rp 966 Ribu

5. Punya Riwayat Kredit yang Baik

Salah satu persyaratan yang penting dalam mengajukan kredit mobil adalah memiliki skor kredit yang baik. Sistem penilaian ini di Indonesia dikenal dengan sebutan BI (Bank Indonesia) checking. BI memiliki sistem pendataan otomatis yang menggunakan fasilitas dari perusahaan leasing atau bank.

Perlu diingat bahwa dalam perkembangan industri dan perbankan, terdapat perbedaan antara leasing konvensional dan leasing syariah. Sebelum kamu mengajukan kredit mobil, pastikan bahwa tidak ada catatan kredit yang bermasalah dan skor kredit berada dalam kategori baik.

BACA JUGA:Butuh Modal untuk Buka Showroom Mobil? Ajukan KUR BNI Rp 100 atau 500 Juta, Angsurannya Mulai Rp 2,3 Juta

Skor kredit ini diukur dalam rentang angka 300 hingga 850, dan dianggap baik jika berada di atas angka 720. Hasil penilaian ini biasanya dibagi menjadi lima kategori. Untuk memastikan keberhasilan pengajuan kredit mobil, Kamu sebaiknya membayar cicilan tepat waktu, memastikan skor kredit tetap baik, dan meningkatkan peluang mendapatkan persetujuan kredit.

BACA JUGA:Seperti Ini Cara Pengajuan KUR BNI Rp 25 Juta Cepat Disetujui, Angsuran Tiap Bulan Cuma Segini

6. Mampu Membayar Dp Awal

Salah satu syarat utama dalam pengajuan kredit mobil adalah kemampuan untuk membayar Uang Muka (DP) atau down payment. DP ini menjadi salah satu indikator komitmen dan tanggung jawab pemohon kredit mobil terhadap pembayaran cicilan bulanan.

Besaran DP untuk kredit mobil bisa bervariasi, mulai dari 0 hingga 50 persen, tergantung pada kebijakan pemberi kredit. Secara umum, besaran DP yang umumnya diterapkan adalah sekitar 20-30 persen dari total harga mobil.

BACA JUGA:Lagi Cari Pinjaman Bebas Riba? KUR Syariah Pegadaian Siap Menjadi Solusinya, Angsuran Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: