Iklan dempo dalam berita

Peranan Logam Mulia Selain untuk Investasi, Ada 7 Logam Mulia yang Digunakan untuk Industri Selain Perhiasan

 Peranan Logam Mulia Selain untuk Investasi, Ada 7 Logam Mulia yang Digunakan untuk Industri Selain Perhiasan

Permintaan terhadap logam mulia dipengaruhi oleh tiga faktor utama--

Logam mulia hadir dengan sejumlah keistimewaan yang menjadikannya sangat dihargai dalam berbagai industri. Beberapa jenis logam mulia yang telah mendapat pengakuan global di antaranya adalah:

1. Emas

Emas adalah logam mulia yang paling terkenal dan dicari. Dengan warna kuning yang khas, emas memiliki sifat unik sebagai konduktor panas dan listrik yang efisien. Penggunaan emas meliputi perhiasan, peralatan elektronik, hingga industri farmasi dan kimia.

Selain pesonanya, keistimewaan emas terletak pada ketahanannya terhadap reaksi kimia dan korosi. Sebagai instrumen investasi, emas tetap menjadi pilihan utama untuk jangka panjang karena kestabilannya bahkan di tengah gejolak ekonomi.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Membedakan Emas Kuning Berdasarkan Karatnya, Banyak yang Belum Tahu

2. Perak

Perak menampilkan kilau putih yang menarik dan merupakan logam mulia terdepan setelah emas. Dengan titik lebur rendah, konduktivitas tinggi, dan ketahanan terhadap korosi, perak menjadi bahan penting dalam perhiasan mewah dan sebagai komponen dalam industri serta pembuatan uang logam. Harga perak yang stabil dan tidak terlalu terpengaruh inflasi menjadikannya pilihan yang baik untuk investasi.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Membedakan Emas Kuning Berdasarkan Karatnya, Banyak yang Belum Tahu

3. Platina

Platina memiliki ketahanan terhadap korosi yang luar biasa dan titik lebur tinggi. Sering digunakan dalam industri kimia, pembuatan perhiasan, dan produksi kendaraan. Meskipun harganya kurang stabil dibanding emas atau perak, kepadatan dan ketahanan platina tetap mengundang minat bagi penggemar perhiasan.

BACA JUGA:Tidak Semua Emas Cocok Dijadikan Investasi, Ini Jenis Emas Dianjurkan untuk Tabungan Masa Depan

4. Palladium

Palladium memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap korosi yang tinggi. Di industri otomotif, palladium digunakan sebagai katalis untuk mengurangi emisi gas buang. Tak hanya itu, palladium juga dimanfaatkan dalam pemurnian hidrogen dan sebagai campuran emas putih karena elastisitasnya yang memudahkan pembentukan.

BACA JUGA:Selain Perhiasan, Emas juga Investasi Menjanjikan, Jenis Emas Apa yang Paling Menguntungkan?

5. Rhodium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: