Iklan dempo dalam berita

6 Rekomendasi Minyak Rem Motor Matic, Jangan Lupa Ganti Teratur agar Aman Berkendara

6 Rekomendasi Minyak Rem Motor Matic, Jangan Lupa Ganti Teratur agar Aman Berkendara

6 rekomendasi minyak rem motor matic--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Minyak rem bagian penting dalam suatu kendaraan, termasuk sepeda motor matic. Gesekan antara kampas rem dan cakram merupakan sebuah aktivitas pada sistem pengereman mobil. Gaya gesek yang dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan kerusakan, terlebih saat kondisi kering.

Pada motor matic seperti kita ketahui tidak memiliki transmisi gigi, jadi untuk pengereman hanya mengandalkan rem, tentu pada motor matic ini menjadi semacam senjata keselamatan tunggal.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Daun Landep Bisa Mengobati Luka Bakar, Sakit Gigi hingga Demam

Lalu, fungsi minyak rem ini adalah sebagai pelumas pada kedua komponen tersebut. Minyak rem ini dapat membuatnya lebih tahan panas dan meminimalkan kerusakan. Selain itu, minyak rem juga berfungsi menyalurkan sistem hidrolik.

Cara kerjanya adalah dengan mengolaborasikan piston dan master silinder. Selanjutnya, gesekan dari minyak rem akan diberi energi mekanik, sehingga dapat menghasilkan kalor yang dapat membuat laju roda berhenti sesuai tekanan tromol.

Begitulah fungsi dan cara kerja minyak rem. Untuk itu, penting sekali tentunya rutin memeriksa serta mengganti minyak rem secara berkala karna masa pakai minyak rem sekitar 2 tahun atau 40ribu kilometer pemakaian.

BACA JUGA:7 Cara Memilih Ban Tubeless Motor Matic Terbaik, Perhatikan Kode Angka-angkanya

Minyak rem pun terbagi dalam beberapa jenis, yaitu :

1. DOT 5

Ada minyak rem DOT 5 yang berbahan silikon. Apabila dibandingkan pendahulunya, kelebihan minyak ini adalah cocok untuk semua jenis karet rem serta tidak menyerap air, dan merusak cat.

Namun, daya pelumas DOT 5 dinilai kurang baik, sehingga memerlukan tenaga lebih besar saat hendak mengerem. Ditambah lagi, jenis minyak rem ini tidak cocok untuk mobil dengan fitur rem ABS.

2. DOT 5.1

Minyak rem versi terbaru dengan jenis DOT 5.1 ini dibuat dari bahan glikol. Datang dengan kualitas terbaik, minyak rem ini punya titik didih sesuai sehingga lebih tahan lama. Selain itu, DOT 5.1 ini juga cocok untuk segala formulasi karet rem, termasuk pada mobil terbaru.

BACA JUGA:9 Tahun Mati Suri, PDAM Seluma Coba Bangkit, Senin Pagi Bupati Lantik Direktur Terpilih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: