Iklan dempo dalam berita

Bayi Rentan Terkena Biang Keringat, Ada 8 Cara Cegah Biang Keringat, Salah satunya Jaga Suhu Ruangan

Bayi Rentan Terkena Biang Keringat, Ada 8 Cara Cegah Biang Keringat, Salah satunya Jaga Suhu Ruangan

Biang keringat adalah ruam kecil kemerahan yang menonjol--

6. Jaga agar Ruangan Tetap Sejuk

Penyebab utama biang keringat pada bayi adalah cuaca yang panas. Oleh karena itu, pastikan ruangan bayi dalam kondisi sejuk. Bisa menggunakan AC atau kipas angin. 

Letakkan kipas angin di dekat bayi, tapi pastikan angin tidak mengenai tubuh bayi secara langsung. Tempatkan kipas agak jauh dari jangkauan bayi agar ia hanya merasakan hembusan udara sejuknya, dan tidak mengalami kedinginan akibat terkena paparan angin dingin.

BACA JUGA:5 Faktor ASI Tidak Keluar? Untuk Sementara Beri Susu Formula Kandungan Ini Kepada Bayi Anda

7. Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Pastikan pakaian yang dikenakan bayi terbuat dari bahan katun, sehingga memungkinkan udara dapat bersirkulasi dan keringat dalam tubuh bisa menguap. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat menyumbat kelenjar keringat. Pemilihan bahan pakaian ini sangat penting, agar kulit bayi tetap sejuk dan kering.

8. Periksa Kondisi si Kecil dengan Teratur

Setelah itu, untuk menangani biang keringat pada bayi, selalu periksa sesering mungkin, terutama saat cuaca sedang panas. Jika baju yang dipakainya sudah basah terkena keringat, sebaiknya langsung diganti dengan yang baru. Namun, sebelumnya, keringkan dulu tubuh bayi yang berkeringat menggunakan handuk bersih, supaya tidak lembap dan memperparah biang keringat.

BACA JUGA:Konsumsi Makanan Ini Selama Kehamilan agar Bayi Lahir Putih Bersih

Itulah penjelasan mengenai biang keringat pada bayi. Biang keringat bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Namun, jika ruam terus berlanjut dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: