Iklan dempo dalam berita

Bayi Rentan Terkena Biang Keringat, Ada 8 Cara Cegah Biang Keringat, Salah satunya Jaga Suhu Ruangan

Bayi Rentan Terkena Biang Keringat, Ada 8 Cara Cegah Biang Keringat, Salah satunya Jaga Suhu Ruangan

Biang keringat adalah ruam kecil kemerahan yang menonjol--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Biang keringat adalah ruam kecil kemerahan yang menonjol, biasanya terasa gatal serta menimbulkan sensasi menyengat atau perih di kulit. Biang keringat tidak hanya terjadi pada bayi, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa.

BACA JUGA:Penting Bagi Orang Tua, Seperti Ini Tips Memilih Tisu Basah untuk Bayi

Biang keringat terjadi disebabkan oleh kelenjar keringat yang tersumbat. Kondisi tersebut memicu munculnya ruam dan peradangan pada kulit. Penyebab biang keringat pada bayi hingga kini belum dapat dipastikan. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya biang keringat. 

BACA JUGA:Tidak Boleh Sembarangan, Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memberi Parfum untuk Bayi

Berikut ini beberapa kondisi yang perlu ibu waspadai:

- Kelenjar Keringat Belum Berkembang

Penyebab biang keringat pada bayi biasanya adalah kelenjar keringat yang belum terbentuk sempurna. Kondisi ini akan membuat keringat lebih mudah tertahan dalam kulit. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa biang keringat terjadi

- Iklim Tropis

Cuaca panas akan memicu bayi merasa kepanasan, sehingga kelenjar keringat dapat tersumbat. Hal tersebut akan memicu sejumlah gejala biang keringat. Selain iklim tropis, menggunakan pakaian tebal atau suhu ruangan yang terlalu panas juga dapat menjadi penyebab biang keringat pada bayi.

- Berbaring Terlalu Lama

Meskipun bayi belum bisa mengubah posisi sendiri, sebaiknya orang tua tidak membiarkannya berbaring terlalu lama. Posisi ini menjadi pemicu munculnya biang keringat pada area punggung karena berkeringat, lembap, dan panas. Sebaiknya sesekali menggendong bayi, atau mengubah posisinya.

- Obesitas

Bayi dengan berat badan berlebihan menjadi salah satu faktor pemicu biang keringat. Pada kondisi ini, biang keringat lebih rentan terjadi pada area lipatan, seperti perut, leher, juga selangkangan.

BACA JUGA:Dilarang Medis, Ternyata Pemakaian Gurita Ke Bayi Timbulkan 5 Risiko Berbahaya, Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: