Iklan dempo dalam berita

Skutik Premium Harga Ratusan Juta, Yamaha Tricity 300 2024 hadirkan Fitur Futuristik Mewah

Skutik Premium Harga Ratusan Juta, Yamaha Tricity 300 2024 hadirkan Fitur Futuristik Mewah

Yamaha Tricity 300 2024 hadir dalam varian warna baru--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penemu kendaraan roda tiga berasal dari Prancis, yakni Nicolas-Joseph Cugnot. Pria yang satu ini adalah seseorang yang visioner.

BACA JUGA:Honda Air Blade 160 2024, Skutik Agresif dengan Rangka Underbone

Kembali pada abad 18, di mana dia menemukan kendaraan self-propelled pertama di dunia. Kendaraan ini menggunakan mesin bertenaga uap dengan dua roda di belakang dan satu di depan, serta terpasang juga ketel uap dan mekanisme penggerak.

Distribusi bobot yang buruk menyebabkan kendaraan tersebut menjadi tidak stabil, sehingga menyebabkan Cugnot menabrak ke dinding batu. Setelah mengalami kecelakaan mobil pertama di dunia, Cugnot ditangkap dan dihukum karena mengemudi yang dapat membahayakan nyawa. Ini bukan awalan yang baik bagi kendaraan roda tiga.

BACA JUGA:Lebih Irit, Begini Bocoran Yamaha Lexi 2024, Fiturnya Lebih Nyaman dan Aman untuk Wanita

Pada 1908, Henry Frederick Stanley Morgan, yang dikenal sebagai HFS, membeli mesin Peugeot dua silinder 7 Hp dengan tujuan membuat sepeda motornya sendiri.

Dia berubah pikiran, alih-alih membangun mobil roda tiga satu kursi. Dengan bantuan keuangan dari keluarganya, Morgan membawa tiga unit kendaraan roda tiganya ke Pameran Motor 1910 di Olympia, London.

Meskipun kendaraan roda tiganya menarik banyak peminat, pembeli menginginkan setidaknya ada dua kursi. Jadi dia kembali ke papan gambar dan membangun roda tiga dengan dua tempat duduk, kemudian dipamerkan di 1911 Motor Cycle Show. Kendaraan ini kemudian dijual oleh Harrods seharga 65 poundsterling.

BACA JUGA:Gak Sabar Menunggu Tampilan Skutik Premium Honda PCX 160 Tahun 2024, Seperti Ini Bocorannya

Ketika pabrikan lain bergerak ke arah empat roda, Morgan adalah salah satu dari segelintir produsen yang masih memproduksi kendaraan roda tiga.

Dengan peluncuran Austin 7 pada 1922, mobil roda empat ini sama murahnya dengan kendaraan roda tiga buatan Morgan,  dan menawarkan kemewahan seperti tersedia empat kursi dan atap. Namun, pajak Austin 7 dua kali lebih besar dari Morgan, sehingga membuat Morgan punya nilai jual yang unik.

Setelah Perang Dunia II, popularitas kendaraan roda tiga mulai menanjak. Di masa yang sulit ini, mobil seperti Bond Minicar dan BMW Isetta diperkenalkan untuk menawarkan kendaraan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat yang semakin senang bepergian. Di era sekarang keunikan motor roda tiga dengan dua roda di depan tentunya banyak yang belum memiliki ,akan tetapi Yamaha berencana meriis kembali varian motor roda 3.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Yamaha All New R15 ABS 2024, Tampil Lebih Ganas

Seperti Apa spesifikasi motor roda 3 ? Simak ulasan berikut ini:

  • Desain Unik ditambah Fitur Canggih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: