Iklan dempo dalam berita

Sebelum Beli Mobil Listrik, Anda Wajib Tahu Hal-hal Berikut agar Tidak Menyesal

Sebelum Beli Mobil Listrik, Anda Wajib Tahu Hal-hal Berikut agar Tidak Menyesal

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beli mobil listrik--

Kelemahan mobil listrik lainnya yang masih menjadi kendala terkait dengan harganya yang masih cukup mahal. Secara umum, harga mobil listrik memang lebih mahal ketimbang kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil.  

Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya antara lain mahalnya baterai mobil listrik, proses produksinya yang memerlukan teknologi tinggi, hingga peralatan elektroniknya yang mahal.

Harga mobil listrik termurah saat ini adalah Wuling Air ev yang dijual mulai dari Rp 200 jutaan. Dengan budget sebesar itu, pembeli masih memiliki banyak opsi lebih menarik seperti mobil LCGC Toyota Raize dan Daihatsu Xenia.  

Meski demikian, harga mobil listrik akan terjangkau seiring dengan masuknya produsen-produsen mobil listrik baru sehingga membuat harganya lebih kompetitif.  

BACA JUGA:Sembari Mengobati, Panjatkan 5 Doa Ini untuk Kesembuhan Anak, Sekaligus saat Menjenguk Orang Sakit

- Belum Banyak Mekanik yang Ahli di Bidang Ini

Permasalahan mobil listrik selanjutnya adalah kurang banyaknya mekanik yang ahli di bidang mobil listrik. Jika pun ada, bengkel dan mekanik untuk mobil listrik biasanya hanya tersedia di kota-kota besar saja.

Tentu saja, jika dalam perjalanan ada masalah yang menimpa mobil listrik Anda, Anda tidak bisa sembarangan membawanya ke bengkel atau mekanik mobil konvensional. Jadi, hal ini juga menjadi pertimbangan mengapa belum banyak yang mau beralih ke kendaraan masa depan ini.

- Daya Tahan dan Keamanan Baterai Masih Dipertanyakaan

Permasalahan mobil listrik dari sisi teknis yang pertama adalah soal ketahanan isi daya dan keamanan baterainya. Masalah ini pun cukup sering diperbincangkan sejak lama.

Menurut hasil penelitian, daya tahan mobil listrik akan cenderung menurun dalam jangka pemakaian di atas 3 tahun. Bahkan, ada pula beberapa kasus baterai mobil listrik yang tiba-tiba terbakar bahkan meledak.

BACA JUGA:Berminat Cari Mobil Bekas, Ini 11 Rekomendasi Harga Mobil di Bawah Rp100 jutaan

- Masih ada Isu Lingkungan

Ya, Anda tidak salah baca. Meski kerap disebut sebagai kendaraan ramah lingkungan, tapi ternyata masih ada dampak negatif mobil listrik yang juga harus menjadi perhatian.

Pasalnya, peralihan kendaraan dengan mesin pembakaran internal ke baterai disebut-sebut akan memicu eksploitasi masif lithium dan nikel dunia sehingga dapat meningkatkan rasio paparan material bahan berbahaya dan beracun (B3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: