Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Ibu Hamil Butuh Asam Folat dan Cara Mendapatkannya

Ini Alasan Ibu Hamil Butuh Asam Folat dan Cara Mendapatkannya

Kebutuhan asam folat sangat dibutuhkan seorang ibu hamil--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Asam folat mendadak ramai dibicarakan setelah Cawapres Gibran Rakabuming Raka salah menyebutnya menjadi Asam Sulfat.

Asam folat memang asing bagi masyarakat awam, namun tidak bagi tenaga medis. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Alasannya ada sejumlah manfaat asam folat untuk ibu hamil jika tercukupi dengan baik, seperti mencegah anemia, menurunkan risiko preeklamsia, hingga mencegah cacat tabung saraf pada janin. 

BACA JUGA:Yadea T9 Motor Listrik Asal Cina, Siap Jadi Pesaing di Pasar Indonesia, Sekali Charger Bisa Tempuh 100 km

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang perlu dicukupi dengan baik oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah manfaat asam folat untuk ibu hamil.

Diantaranya pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Membentuk Plasenta

Manfaat asam folat untuk ibu hamil yang pertama yaitu turut mengoptimalkan pembentukan plasenta di dalam kandungan. Plasenta merupakan lapisan yang terbentuk di area rahim selama masa kehamilan dan berfungsi mengalirkan oksigen serta nutrisi ke janin.

BACA JUGA:Ramai Cawapres Gibran Salah Sebut, Ini Perbedaan Asam Sulfat dan Folat, Nama Mirip tapi Fungsinya Beda Jauh

2. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi ketika tekanan darah ibu hamil meningkat dan disertai dengan kelebihan kadar protein di dalam urine. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, terdapat dugaan bahwa preeklamsia dipicu oleh gangguan perkembangan plasenta.

Sebagai upaya mengoptimalkan pembentukan plasenta dan menurunkan risiko preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat yang cukup terutama saat usia kandungan telah memasuki trimester kedua.

3. Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Oleh karenanya, konsumsi asam folat yang cukup dapat mengurangi risiko terjadinya anemia pada ibu hamil yang dapat menjadi faktor pemicu dari kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta perdarahan pasca melahirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: