Iklan dempo dalam berita

Cek Dulu Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit Sebelum Digunakan, Salah Satunya Biaya yang Ditawarkan

Cek Dulu Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit Sebelum Digunakan,  Salah Satunya Biaya yang Ditawarkan

Cek Dulu Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit --Foto istimewa

5. Biaya yang Dibayarkan

Perbedaan berikutnya yakni dari biaya yang harus dibayarkan. Biasanya, Paylater tidak menerapkan biaya tahunan. Namun, tidak jarang Paylater akan menerapkan biaya tambahan per transaksi pinjaman yang berlaku. 

Bukan hanya itu saja, Paylater juga menerapkan denda kalau kalian membayar lewat jatuh tempo. Kemudian, untuk bunga kartu kredit dan Paylater juga berbeda. Untuk diketahui, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mencatat, penetrasi kartu kartu kredit terhadap kelompok milenial dan Gen Z masih lebih rendah dibandingkan Paylater. 

Adapun untuk rinciannya, penetrasi kartu kredit mencapai 7,60 persen dan Paylater memiliki penetrasi mencapai 13,80 persen. Unsecured Business Head Bank Danamon, Tresia Sarumpaet, dalam acara Journalist Class di Menara Bank Danamon menyebut, penetrasi produk yang cenderung baru seperti paylater memiliki penetrasi yang hampir dua kali lipat dibanding kartu kredit, yaitu 13,80 persen

Lebih lanjut, padahal bunga pinjaman Paylater jauh lebih tinggi dibanding kartu kredit. Yakni, nilai bunga Paylater mencapai 0,3 persen per hari. Sedangkan bunga pinjaman kartu kredit hanya sebesar 1,75 persen per bulan.

BACA JUGA:Ketakutan karena Diancam Debt Collector Pinjol, Lakukan Cara Ini, DC Tidak Berani Macam-macam

6. Fasilitas yang Ditawarkan

Nah, untuk perbedaan selanjutnya yakni dari segi fasilitas yang ditawarkan. Contoh fasilitas kartu kredit seperti diskon, promo, dan cashback. Biasanya, diskon yang diberikan oleh kartu kredit yakni jika kalian belanja langsung pada merchant yang sudah bekerja sama dengan perusahaan tersebut di mall, supermarket, atau restoran. 

Kemudian, juga tersedia cashback yang diberikan digunakan untuk menambah limit atau juga bisa untuk meringankan tagihan kartu kredit. Jelas saja, Paylater juga memiliki fasilitas diskon dan cashback. Hanya saja, mekanisme Paylater berbeda dengan kartu kredit.

BACA JUGA:Mau Buka Usaha Terbentur Modal, Ini Daftar Pinjol dengan Limit hingga Rp 100 Juta

Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi Paylater, yakni:

1. Shopee PayLater 

2. GoPay Later 

3. Indodana Paylater

4. Livin’ Paylater 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: