Iklan dempo dalam berita

9 Tips Ampuh Mencegah Munculnya Komedo dan Cara Mengatasinya

9 Tips Ampuh Mencegah Munculnya Komedo dan Cara Mengatasinya

9 Tips Ampuh Mencegah Munculnya Komedo dan Cara Mengatasinya--

Sejak dulu, menguapi wajah dengan air panas jadi cara untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di dalamnya. Karena itu, penguapan bisa jadi cara menghilangkan komedo di hidung dan di area wajah lainnya. Caranya, tuang air panas di wadah lalu posisikan wajahmu di atas wadah dalam jarak yang aman. Tutupi kepala dan wadah dengan handuk lebar agar uap panasnya tidak keluar. Uapi wajahmu selama beberapa menit. Setelah selesai, cuci wajah agar kotoran di pori-pori yang terbuka dapat dibersihkan.

BACA JUGA:16 Penyebab Komedo, Kenali Jenis dan Cara Gampang Menghilangkan Permanen dengan Bahan Ada di Dapur

 5. Memakai ekstraktor komedo

Setelah wajah diuapi, kamu juga bisa lanjutkan dengan mengeluarkan sumbatan pori memakai alat ekstraktor komedo. Soalnya, sumbatan jadi mudah dikeluarkan karena mulut pori-pori sudah terbuka. Ingat ya, jangan memaksa isi komedo keluar dengan menekan ekstraktor kuat-kuat, karena malah akan membuat kulitmu memar. Jangan lupa setelah sumbatan dikeluarkan, kompres wajah dengan es batu untuk merapatkan pori-pori.

 6. Memakai masker charcoal

Charcoal dikenal dengan kemampuannya menyerap minyak dan dapat membersihkan kulit wajah secara menyeluruh sampai ke pori-pori, sehingga pori-pori jadi bebas sumbatan. Kamu bisa pakai Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae dua kali dalam seminggu sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. 

BACA JUGA:Komedo Hilang Kulit Cemerlang, Gunakan 15 Bahan Alami Mudah Dicari Ini Lenyapkan Komedo di Muka

7. Memakai sikat pembersih wajah

Sikat pembersih wajah disebut dapat membantu mengatasi komedo. Nggak heran, soalnya memakai sikat wajah merupakan bentuk eksfoliasi fisik. Namun perlu diingat kalau eksfoliasi fisik terlalu sering dapat membuat kulit iritasi dan merusak skin barrier. Karena itu, batasi pemakaian sikat pembersih wajah ini cukup 1-2 kali dalam seminggu. 

8. Memakai toner dengan kandungan witch hazel

Witch hazel disebut sebagai astringen alami yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Tak hanya di permukaan kulit, tapi sampai ke dalam pori-pori yang tersumbat. Namun karena witch hazel cenderung membuat kulit kering, maka batasi pemakaiannya sekali sehari saja. 

BACA JUGA:Selain Kesehatan Tubuh, Ada 7 Manfaat Minyak Zaitun, Termasuk untuk Kecantikan Wajah

 9. Mengoleskan tea tree oil

Tea tree oil dapat dijadikan cara menghilangkan komedo di hidung karena kemampuannya membersihkan pori-pori yang tersumbat. Tea tree oil juga dapat membasmi bakteri penyebab jerawat sehingga komedo tak berubah menjadi jerawat meradang. Kamu bisa mengoleskan tea tree oil langsung di hidung yang berkomedo, atau sesuai cara pakai yang dianjurkan di kemasan.

 10. Ubah pola makan jadi lebih sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: