Iklan dempo dalam berita

6 Jenis Obat Herbal yang Sering Digunakan Nabi Muhammad SAW

6 Jenis Obat Herbal yang Sering Digunakan Nabi Muhammad SAW

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Obat herbal telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu tokoh sejarah yang sering menggunakan obat herbal adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau, sebagai manusia pilihan Allah SWT, juga memberikan perhatian besar terhadap penggunaan tanaman obat sebagai sarana penyembuhan.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Surah Al-Isra: 82). Hal ini menunjukkan bahwa Al-Quran sendiri menyiratkan kekuatan penyembuhan dalam tanaman dan rempah-rempah yang diberikan Allah kepada manusia.

BACA JUGA:Disebut dalam Alquran! Ini Manfaat dari Buah Tin Bagi Kesehatan, Nomor 7 Cocok untuk Lansia

Berikut ini adalah beberapa contoh obat herbal yang sering digunakan Nabi Muhammad SAW:

1. Habbatussauda (Jintan Hitam)

Habbatussauda, juga dikenal sebagai biji jintan hitam, adalah salah satu obat herbal yang paling sering digunakan Nabi Muhammad SAW. Beliau menggambarkan biji ini sebagai "obat untuk segala penyakit, kecuali kematian." Habbatussauda mengandung banyak nutrisi dan memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang yang dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh serta meringankan berbagai penyakit.

Dari 'Aisyah, Nabi Muhammad bersabda, "Sungguh dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam." Aisyah pun bertanya, "Apakah as-sam itu?" Beliau menjawab, "Kematian." (HR Bukhari).

BACA JUGA:Manfaat Madu dalam Islam, Ada 5 Keajaiban Alami yang Diberkahi

2. Zamzam

Zamzam adalah air yang berasal dari sumur Zamzam di Makkah, Arab Saudi. Nabi Muhammad SAW sering mengonsumsi air zamzam dan disarankan penggunaannya sebagai obat dalam berbagai kesempatan. Air zamzam mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium serta memiliki sifat penyembuhan yang bermanfaat untuk kesehatan dalam.

BACA JUGA:Tak Hanya Bernilai Ibadah, Ada 8 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

3. Madu

Madu adalah salah satu obat herbal yang sangat disukai Nabi Muhammad SAW. Madu mengandung antibiotik alami dan memiliki sifat antiseptik serta anti-inflamasi yang efektif dalam mengobati berbagai penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, sakit tenggorokan, dan gangguan pencernaan. 

Surat An-Nahl Ayat 68

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: