Iklan dempo dalam berita

Cegah dan Kenali Ciri Stunting, Bumil Wajib Penuhi Asupan Gizi dan Nutrisi Sejak Janin dalam Kandungan

Cegah dan Kenali Ciri Stunting, Bumil Wajib Penuhi Asupan Gizi dan Nutrisi Sejak Janin dalam Kandungan

--

Hindari terkena penyakit stunting untuk anak, berikut cara menghindarinya :

1. Penuhi kebutuhan gizi selama hamil

Untuk mencegah stunting pada anak, perlu untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk sejak kehamilan. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat sebanyak 400 – 1000 mikrogram (mcg), vitamin D sebanyak 15 mcg per hari, zat besi sebanyak 9-18 mg per hari, kalsium sebanyak 1200 miligram per hari, protein sebanyak 61-90 gram per hari.

Di samping konsumsi makanan yang sehat selama hamil, ibu juga harus cukup minum air putih, agar terhindar dari kekurangan cairan.

Selain itu, air putih juga dapat melancarkan peredaran darah dan menjaga volume cairan ketuban dalam rahim.

BACA JUGA:Rasanya Enak, Kue Ini Adalah Camilan Para Bangsawan Bengkulu

2. Konsumsi suplemen prenatal

Di samping memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil melalui makanan yang bergizi, ibu juga perlu mengonsumsi suplemen prenatal sesuai rekomendasi dari dokter.

Beberapa zat dalam suplemen yang penting sebagai pencegahan stunting pada ibu hamil yaitu suplemen asam folat, kalsium, dan zat besi.

Selain itu, suplemen kalsium juga penting dalam membentuk tulang janin, apalagi kebutuhan akan zat ini sangat tinggi sehingga bisa jadi tidak terpenuhi hanya dari makanan saja.

BACA JUGA:8 Item Makanan Tradisional yang Dimodifikasi Buat Jajanan Kaum Anak Milenial

3. Hindari penyakit infeksi

Menghindari penyakit infeksi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam mencegah stunting pada anak sejak kehamilan. Karena beberapa penyakit infeksi pada ibu hamil dapat berdampak pada janin dalam kandungannya

Oleh sebab itu, sebagai upaya pencegahan stunting pada ibu hamil, sebisa mungkin hindari infeksi virus dengan cara mencuci tangan dengan air dan sabun sampai bersih sebelum makan, setelah berkebun, dan setelah membersihkan kotoran hewan.

Serta memasak daging, ayam, ikan, dan sayuran sampai benar-benar matang. Hindari juga konsumsi makanan mentah atau kurang matang seperti sate dan sayur lalapan. Hindari minum susu yang mentah saat hamil dan juga lakukan vaksinasi sebelum hamil agar tubuh kebal terhadap infeksi virus yang berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: