Iklan dempo dalam berita

Berani Perangi Keangkuhan Raja Firaun, Ada 5 Sifat Teladan Nabi Musa yang Bisa Kita Terapkan

Berani Perangi Keangkuhan Raja Firaun, Ada 5 Sifat Teladan Nabi Musa yang Bisa Kita Terapkan

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.C0M - Dikisahkan oleh Abu Haafizh Abdurrahman dalam buku yang berjudul Kisah Nabi Musa 'Alaihissalam, pada suatu malam Firaun bermimpi buruk. Ia melihat api yang berkobar dan membakar Mesir dan memusnahkannya. Namun, anehnya tidak ada satupun rumah dari Bani Israil yang terbakar. Kemudian Firaun mengundang seluruh peramal untuk menafsirkan firasat buruknya itu.

BACA JUGA:Awal Mula Nabi Muhammad saw Diangkat Menjadi Rasul Pada Usia 40 Tahun

Hingga ia memerintahkan untuk membunuh seluruh bayi laki-laki yang lahir dari kaum Bani Israil. Saat itu Ibu Nabi Musa AS tengah hamil tua, kemudian ia melahirkan bayi laki-laki. Karena takut akan didatangi Firaun, ia mendapatkan bisikan untuk menghanyutkan bayi itu ke Sungai Nil. Allah SWT memberikan wahyu atas keselamatan putranya.

Bayi itu ditemukan dan diselamatkan oleh Asiyah, istri Firaun. Asiyah sangat menyukai bayi itu kemudian memutuskan untuk menjadikannya anak angkat. Firaun menolak. Namun, atas bujukan Asiyah akhirnya menyetujuinya.

BACA JUGA:Sejarah dan Ragam Tradisi Memperingati Hari Maulid Nabi, Pertama Kali di Zaman Khalifah Mu’iz li Tahun 341 H

Nabi Musa pun tumbuh dengan segala kebaikan akhlaknya yang bertolak belakang dengan sifat Firaun. Pada suatu ketika Nabi Musa AS mendatangi raja Firaun untuk mengajaknya menyembah Allah SWT. Namun, justru Firaun meminta tukang sihirnya untuk melawan Musa AS.

Penyihir lantas mengeluarkan ular-ular kecil. Namun, tanpa gentar sedikitpun, Nabi Musa AS melemparkan tongkatnya dan seketika berubah menjadi ular besar. Ular yang berasal dari tongkat Nabi Musa AS memangsa seluruh ular kecil buatan penyihir Firaun. Pertandingan itu disaksikan oleh banyak orang. Hingga akhirnya membuat para penyihir tersimpuh kepadanya.

Selanjutnya, Nabi Musa AS juga diberikan mukjizat untuk membelah laut merah dengan tongkat yang ia miliki. Kejadian itu dilakukan saat dalam pengejaran Raja Firaun. Hingga akhirnya ia beserta kaumnya selamat dari malapetaka.

BACA JUGA:4 Orang Pertama yang Memeluk Islam, Begini Kisah Dakwah Nabi Muhammad dari Makkah hingga Madinah

Keteladanan yang dapat dicontoh dari kegigihan Nabi Musa AS dalam memerangi keangkuhan Raja Firaun adalah keberanian dan ketekunannya. Ia bahkan tak gentar sedikitpun saat harus melawan raja yang mengaku sebagai Tuhan tersebut. juga sabar dalam menerima setiap ucapan dari kaum Raja Firaun. Bahkan Nabi Musa sering dikatakan sebagai penyihir karena mukjizat yang dia miliki.

Kisah Nabi Musa dalam mencari ilmu begitu banyak diceritkan didalam Al-Quran, selain itu juga ada begitu banyak sifat yang baik untuk ditiru dari nabi musa yang diceritakan juga didalam Al-Quran.

BACA JUGA:Kisah Malaikat Jibril Mencuci Hati Nabi Muhammad SAW dengan Air Zamzam Dalam Bejana Emas

Hal pertama yang ditonjolkan Al-Quran mengenai sifat Nabi Musa AS adalah :

1. Taat Kepada Allah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: